Iqbal Eko Nugroho (2021) PENGARUH KETELAEANAN GURU TERHADAP AKHLAQ SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (909kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Bab I.pdf
Download (133kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (304kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (474kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini guna mengkaji cara guru menanamkan keteladanan yang baik dalam bertutur kata maupun perilaku, dan mengetahui pemahaman siswa tentang akhlaq, sehingga diketahui ada atau tidaknya pengaruh antara sikap keteladanan guru terhadap akhlaq siswa. Jenis penelitian Kuantitatif, dengan pendekatan Analisis Kuantitatif. Pnelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, dengan subjek guru PAI, wali kelas XI, guru BK, dan satpam sekolah serta siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 sejumlah 53 siswa, dengan cara total random sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan Wawancara mendalam, Angket, dan Dokumentasi, penelitian ini menggunkan tekhnik analisis data menggunakan Regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa sifat keteladanan yang di berikan guru lebih di terima baik oleh siswa dengan cara penyampaian yang baik dan sesuai, sehingga tujuan pendidikan akhlaq Islam dengan ilmu pengetahuan tercapai dan terkonsep dengan baik. Siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, meski berawal dari latar belakang yang kurang dari segi penanaman Agama yang baik, tetapi secara garis besar telah mengerti dan faham tentang bagaimana bersikap menjadi siswa (islami) dengan akhlaq sebagai cerminan keteladanan di Masyarakat luas. Kemudian untuk mengetahui dan menganalisa ada atau tidaknya pengaruh, peneliti menggunakan uji Regresi Linier Sederhana sehingga memperoleh Hasil, nilai sig. 0.000 < 0> t tabel 2.046), kemudian hubungan X dan Y sebesar 0.689 dengan determinasi antar keduanya 47,5%, maka dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara keteladanan guru terhadap akhlaq siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 04:10 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 04:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4759 |