ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN POLITIK IDENTITAS ANIES BASWEDAN DALAM PEMILIHAN UMUM CALON PRESIDEN 2024 PADA MEDIA KOMPAS.COM DAN MEDCOM.ID

SHOFIA ZARA MAHASIN (2024) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN POLITIK IDENTITAS ANIES BASWEDAN DALAM PEMILIHAN UMUM CALON PRESIDEN 2024 PADA MEDIA KOMPAS.COM DAN MEDCOM.ID. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Media memiliki peranan yang sangat penting dalam mengkonstruksikan opini khalayak terhadap suatu peristiwa, dalam menyebarkan informasi yang disajikan media dapat menentukan bagian informasi yang ingin ditampilkan sesuai kepentingan masing-masing media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana framing media Kompas.com dan Medcom.id dalam memberitakan pemberitaan tentang label politik identitas yang disematkan kepada Anies Baswedan pada masa Pemilihan Umum Calon Presiden 2024. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Robert N. Entman dengan menggunakan empat perangkat analisisnya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil analisis framing yang telah digunakan menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pada kedua media dalam memberitakan label politik identitas Anies Baswedan pada masa Pemilihan Umum Calon Presiden 2024, Kompas.com secara eksplisit menyebutkan bahwa Anies perlu menghindari permainan politik identitas karena narasi politik identitas berbahaya dan perlu dihindari, sedangkan Medcom.id dalam memberitakannya menyebutkan bahwa politik identitas tidak dapat terhindarkan dan merupakan hak bagi seluruh masyarakat jika ingin memilih seseorang melalui kesamaan latar belakangnya kemudian berdasarkan Medcom.id politik identitas sah dilakukan dengan catatan tidak menyebabkan kebencian antar masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Framing Analysis, Identity Politics, Anies Baswedan, 2024 Election
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:11
Last Modified: 19 Aug 2024 06:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47594

Actions (login required)

View Item
View Item