LHUTFIA MA'RUFAH (2024) ANALISIS MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN ISMUBA DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (330kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (390kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Bab I.pdf
Download (193kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (22kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Ciri-ciri pembelajaran aktif dapat dilihat dari keterlibatan secara aktif dalam proses pembelajaran, yaitu peserta didik mampu mendiskusikan materi, kemudian mempresentasikan hasil diskusi, mengerjakan tugas, dan bertanya jika tidak memahami materi. Sebelum aktifitas pembelajaran guru harus merancang jenis model dan strategi apa yang akan digunakan dalam pembelajaran, dengan tujuan agar peserta didik mudah memahami materi dengan baik, sehingga sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi strategi dan model pembelajaran ISMUBA pada mata pelajaran (Tarikh dan Kemuhammadiyahan) yang digunakan oleh guru di SMP Muhammadiyah Bantul, untuk menganalisis keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Tarikh dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah Bantul, untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Tarikh dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis field research (penelitian lapangan) dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian berada di SMP Muhammadiyah Bantul. Adapun partisipan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru Tarikh dan Kemuhammaiyahan, dan peserta didik . Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) Adapun beberapa strategi pembelajaran yang digunakan berupa strategi pembelajaran ekspositori, kontekstual, inkuiri, dan model discovery learning, 2) Faktor pendukung keaktifan peserta didik pada mata pelajaran kemuhammadiyahan dan Tarikh yaitu sumber referensi yang lengkap, guru selalu memotivasi peserta didik, pemberian reward, dukungan orang tua dan quiz menggunakan samrthphone. Adapun faktor penghambat yaitu kurangnya semangat peserta didik, materi Tarikh yang sulit untuk dipahami, keterbatasan waktu guru dalam menggunakan strategi dan model pembelajaran untuk menarik perhatian peserta didik, perbedaan kondisi kelas regular dan unggulan yang mempengaruhi semangat guru dalam mengajar dan faktor lingkungan keluarga peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategy, Activeness, ISMUBA |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:35 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47629 |