ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SD NEGERI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

ADINDA NOVI PAMUKTI (2024) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SD NEGERI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter pada siswa di SD Negeri Kasihan, Bantul Yogyakarta; (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menanamkan nilai pendidikan karakter; dan (3) upaya guru dalam mengatasi permasalahan penananaman nilai pendidikan karakter pada siswa di SD Negeri Kasihan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter meliputi; (a) strategi pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter pada KBM; (b) strategi pembelajaran; (c) strategi kegiatan ekstrakurikuler yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan karakter; (d) strategi pembiasaan; (e) strategi keteladanan; (2) faktor pendukung dalam menanamkan nilai pendidikan karakter meliputi; (a) kerja sama yang baik antara kepala sekolah dan guru; (b) fasilitas penunjang dalam pembelajaran di kelas; (c) peran orang tua; (d) peran guru sebagai teladan di sekolah; (3) faktor penghambat dalam menanamkan nilai pendidikan karakter meliputi: (a) kurangnya sarana dan prasarana di sekolah; (b) lingkungan keluarga; (c) kurangnya komunikasi yang baik antara guru dengan orang tua; (d) kurangnya kesadaran diri pada siswa; (e) kemajuan teknologi; (f) teman sebaya; dan (4) upaya guru dalam mengatasi permasalahan penanaman nilai pendidikan karakter di sekolah melalui penguatan dengan program-program sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teacher strategy, character education, elementary school
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:12
Last Modified: 02 Aug 2024 07:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47645

Actions (login required)

View Item
View Item