PRANANDA INDRIA MADANI (2024) PENGARUH PENGETAHUAN, KETERAMPILAN KEUANGAN SYARIAH DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA E-COMMERCE (STUDI PADA MAHASISWA RANTAU DI YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (733kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (30kB)
Bab I.pdf
Download (133kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (327kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (40kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pemahaman literasi keuangan sangat penting bagi setiap individu untuk menghindari masalah finansial. Kurangnya literasi keuangan membuat seseorang lebih rentan melakukan pembelian impulsif. Literasi keuangan mencakup serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan konsumen agar mereka bisa mengelola keuangan pribadi dengan lebih baik. Gaya hidup berbelanja juga mempengaruhi kecenderungan pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan keterampilan keuangan syariah serta gaya hidup (variabel X) terhadap perilaku pembelian impulsif (variabel Y) pada mahasiswa rantau di Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner berskala Likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan meliputi R-Square (R) dan uji hipotesis, sedangkan untuk validitas data digunakan analisis statistik deskriptif, uji validitas, dan uji reliabilitas. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan keuangan syariah tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku impulse buying, keterampilan keuangan syariah memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku impulse buying, dan gaya hidup juga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku impulse buying.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sharia Financial Knowledge, Sharia Financial Skill, Lifestyle, Impulse Buying |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 06:22 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 06:22 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47668 |