HAZZA BTARA ANOPAMYA (2024) EVALUASI KARAKERISTIK PARKIR KENDARAAN PASAR PRAWIROTAMAN YOGYAKARTA DAN ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DI SEKITARNYA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (601kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (318kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Bab I.pdf
Download (119kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (559kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (981kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Pasar Prawirotaman adalah suatu kawasan di tengah Kota Yogyakarta yang mengalami dampak pertumbuhan jumlah kendaran bermotor dan pertumbuhan pembangunan di sekitr area pasar. Setelah dilakukanya revitalisasi, parkir di area pasar libih tertata akan tetapi masih banyak pengunjung pasar yang memilih parkir di area luar pasar akibat tidak akses dari parkiran untuk masuk pasar. Tidak adanya petugas pada pintu masuk area parkir pasar mengakibatkan dampak lalu lintas hambatan dan tundaan. Oleh karenaitu tujuan penelitian adalah 1) Menganalisis karakteristik parkir yang berupa akumulasi parkir, volume parkir, turnover, indeks parkir, durasi parkir dan kebutuhan ruang parkir di Pasar Prawirotaman Yogyakart, 2) Menganalisis pola parkir pada area parkir Pasar Prawirotaman Yogyakarta, 3) Menganalisis tundaan (delay) akibat kendaraan yang akan memasuki area parkir Pasar Prawirotaman Yogyakarta yang berakibatkan terhadap lalu lintas. Data tersebut didapat dengan survey secara langsung di Pasar Prawirotaman. Karakteristik parkir Pasar Prawirotaman didapatkan hasil akumulasi parkir sebesar sepeda motor sebanyak 156 kendaraan dan mobil sebanyak 22 kendaraan, volume parkir sebanyak sebanyak 1041 motor dan 118 mobil, turnover pada area parkir untuk sepeda motor selama 4,16 kendaraan/hari/ruang dan mobil selama 4,72 kendaraan/hari/ruang, indeks parkir maksimal sepeda motor sebanyak 62,40%, untuk mobil sebanyak 88,0%, durasi parkir trtinggi sepeda motor sebanyak 311 dan mobil sebanyak 21 kendaraan, Kebutuhan ruang parkir (KRP) sepedaa motor sebesar 234 m² dengan kapasitas sebesar 375 m² dan mobil sebesar 275 m² dengan kapasitas sebesar 313 m², dampak lalu lintas dan karakteristik lalu lintas terjadinya perubahan jalur lalu lintas pada Jalan Gerilya padan pukul 06:00-10:30 dan tundaan kendraan dari jam 07.00-19:00 sepeda motor sebanyak 52 kendaraan, mobil sebanyak 29 kendaraan, dan kendaraan berat sebanyak 5 kendaraan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Parking Analysis, Parking Characteristics, Parking Accumulation, Parking Needs, Traffic Impact |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 04:02 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 04:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47680 |