YAHYA NUR ADNAN (2024) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (373kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Bab I.pdf
Download (169kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (904kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (817kB)
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu pilar yang mempunyai peranan penting dalam menciptakan manusia yang berkualitas. Kualitas yang dimaksud mencakup beberapa aspek, yaitu kecerdasan yang tinggi, keterampilan yang diperlukan oleh individu untuk beradaptasi dan bersaing di dunia kerja, serta kreativitas yang seimbang dengan kecerdasan tersebut. Kecerdasan tanpa kreativitas tidak akan optimal, begitu pula dengan kreativitas tanpa didukung kecerdasan yang memadai. Keduanya harus berjalan beriringan untuk menghasilkan individu yang tidak hanya pintar tetapi juga inovatif dan mampu menciptakan solusi baru dalam berbagai situasi. Tidak kalah penting dari pendidikan akademik adalah pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak sangat esensial bagi manusia, karena tanpa akhlak, manusia bisa berbuat kerusakan dan merugikan orang lain maupun dirinya sendiri. Dengan akhlak yang baik, seseorang akan memiliki benteng dan pelindung dalam setiap langkah hidupnya. Akhlak yang baik juga akan membentuk karakter yang kuat, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab. Semua ini adalah nilai-nilai yang sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Permasalahan penelitian ini berawal dari pengamatan terhadap sikap peserta didik yang kurang sopan terhadap seorang guru. Sikap tidak sopan ini mencerminkan rendahnya kesadaran peserta didik akan pentingnya menghormati orang lain, terutama guru yang seharusnya dihormati sebagai pendidik dan pembimbing. Rendahnya kesadaran peserta didik ini seharusnya dapat diminimalisir dengan penerapan penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak secara lebih intensif dan sistematis. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai akhlak yang baik adalah melalui pembiasaan yang dilakukan dalam kegiatan Hizbul Wathan. Hizbul Wathan adalah kegiatan yang mengajarkan nilai-nilai keagamaan, kedisiplinan, kerja sama, dan tanggung jawab melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan dan mendidik. Dengan melibatkan peserta didik dalam kegiatan Hizbul Wathan, diharapkan mereka dapat belajar dan menginternalisasi nilai-nilai akhlak yang baik secara alami. Pembiasaan ini akan membantu menekankan sikap akhlak yang baik dan menjadi bagian dari karakter peserta didik sehingga mereka dapat bersikap lebih sopan, hormat, dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moral education value instillation, Hizbul Wathana |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 08:56 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 08:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47754 |