PEMASARAN BAWANG MERAH RAMAH LINGKUNGAN KULON PROGO BERDASARKAN SISTEM PENJUALAN

NIA ELVI YANA (2024) PEMASARAN BAWANG MERAH RAMAH LINGKUNGAN KULON PROGO BERDASARKAN SISTEM PENJUALAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil petani dan lembaga, fungsi, saluran pemasaran, harga jual, biaya, margin, keuntungan, dan farmer’s share pemasaran bawang merah ramah lingkungan di Kulon Progo berdasarkan sistem penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengambilan lokasi secara sengaja. Responden petani menggunakan Proposional Random Sampling sebanyak 28 petani dengan sistem tebasan dan 10 petani dengan sistem non tebasan. Responden lembaga pemasaran ditentukan dengan Snowball Sampling, melibatkan 42 lembaga pemasaran sistem tebasan dan 40 lembaga pemasaran sistem non tebasan. Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran yang terbentuk untuk sistem tebasan sejumlah 4 saluran dan non tebasan sejumlah 7 saluran. Biaya pemasaran tertinggi dengan sistem tebasan terdapat pada saluran II sebesar Rp. 3.545/kg sedangkan biaya pemasaran tertinggi dengan sistem non tebasan terdapat pada saluran V sebesar Rp. 5.021/kg. Harga jual bawang merah dengan sistem tebasan di tingkat pengecer tertinggi berada di saluran I sebesar Rp. 26.500/kg sedangkan pada sistem non tebasan tertinggi berada di saluran VI sebesar Rp. 26.500/kg. Margin pemasaran tertinggi untuk sistem tebasan berada pada saluran I sebesar Rp. 16.943/kg. Sedangkan untuk sistem non tebasan tertinggi berada pada saluran VI sebesar Rp. 17.000/kg. Keuntungan tertinggi untuk sistem tebasan berada pada saluran I sebesar Rp. 13.402/kg kemudian pada sistem non tebasan berada pada saluran II sebesar Rp. 11.775/kg. Berdasarkan analisis farmer’s share, pada sistem tebasanan saluran II, III, dan IV dan pada sistem non tebasan saluran I, III, IV, dan V memberikan bagian harga yang layak kepada petani.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing, Environmentally Friendly, Sales System, Tebasan, Non-Tebasan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 10 Aug 2024 06:03
Last Modified: 10 Aug 2024 06:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47794

Actions (login required)

View Item
View Item