Arfandi Ismail (2021) Peran Pendidikan Ulama Tarjih Dalam Meningkatkan Kualitas Ibadah Masyarakat Kaliurang. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (606kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (284kB)
Bab I.pdf
Download (328kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (532kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (705kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Pendidikan Ulama
Tarjih Muhammadiyah dalam meningkatkan kualitas ibadah masyarakat
Kaliurang, sekaligus ingin membuktikkan secara empiris apakah ada perbedaan
cara beribadah masyarakat Kaliurang sebelum dan sesudah adanya pembinaan
yang dilakukan oleh thalabah-thalabah PUTM. Jenis penelitian ini tergolong
penelitian kualitatif. Data yang dihimpun peneliti melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Sedangkan untuk tehnik pengelahan dan analisis data dilakukan
dengan tiga cara yaitu reduksi, penyajian, dan kesimpulan
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa cara beribadah masyarakat
Kaliurang masih kurang berkualitas karena belum sesuai dengan apa yang telah
Nabi saw tuntuntakan. Hal ini terjadi akibat faktor rendahnya pengetahuan agama,
serta minimnya pengetahuan masyarkat akan ibadah-ibadah sunnah. Seperti tidak
bersegera melaksanakan shalat ketika mendengar azan, tidak melaksanakan shalat
sunnah ba‟diyah maupun qobliyh dan tidak berzikir serta berdoa. Hal ini
menujukkan bahwa cara beribadah masyarakat Kaliurang masih kurang
berkualitas karena masih jauh dengan yang dituntukan oleh Rasulullah saw.
Adapun Upaya-upaya yang dilakukan oleh thalabah dalam meminimalisir masalah
tersebut adalah dengan mengadakan TPA remaja dan anak-anak, membetuk tim
tadarusan bapak-bapak dan ibu-ibu, mengadakan kajian-kajian keIslaman setiap
minggunya serta diskusi atau tanya jawab seputar agama. Sedangkan untuk peran
Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah dalam meningkatkan kualitas ibadah
masyarakat Kaliurang dapat disebut sebagai motivator dan fasilitator dengan
memberikan perubahan yang sangat besar di tengah-tengah masyarakat. Peranan
tersebut di antaranya (1) memberi contoh cara beribadah sesuai dengan yang
dituntunkan oleh Nabi Muhammad saw berdasarkan dalil-dalilnya. (2)
Menumbuhkan kesadaran di tengah-tengah masyarakat akan pentingnya
melakukan shalat pada waktunya, mengerjakan shalat sunnah, berzikir dan
berdo‟a. (3) Menambah ilmu pengetetahuan keagamaan masyarakat melalaui
kajian-kajian keIslaman yang dilakukan di setiap masjid, seperti yang paling
membekas adalah tata cara pengurusan jenazah. (4) Menjadi khatib jum‟at. Faktor
pendukungnya adalah upaya orang tua mengatarkan anaknya ke mesjid untuk
mengikuti kegiatan, dan upaya pihak takmir dalam menyediakan tempat, snack,
dan peralatan yang dibutuhkan. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah
adanya benturan waktu jam mata kuliah dengan waktu pembinaan, kurangnya
kerjasama antara sesama pembina, tingkat pemahaman yang berbeda-beda dan
tidak berjalannya TPA khusus remaja.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 03:25 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 03:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4783 |