PEMODELAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN PKJI 2014 DAN SOFTWARE VISSIM 9 PADA SIMPANG APILL KETANDAN, RINGROAD TIMUR, BANTUL, YOGYAKARTA

WIWIT KURNIAWAN PEMODELAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN PKJI 2014 DAN SOFTWARE VISSIM 9 PADA SIMPANG APILL KETANDAN, RINGROAD TIMUR, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB. I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB. VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38MB)

Abstract

Sebagai akibatnya meningkatkan jumlah populasi maka jumlah mobilitas kendaraan yang terjadi di kota Yogyakarta juga semakin meningkat. Beberapa ruas jalan mengalami kemacetan khususnya jalan untuk akses dari jalan luar kota menuju jalan perkotaan. Salah satu simpang dengan permasalahan tersebut adalah simpang APILL Ketandan, Bantul Yogyakarta. Kendaraan yang melalui simpang tersebut bergagai macam/jenis kendaraan, dari kendaraan ringan (light vehicles) sampai dengan kendaraan berat (heavy vehicles). Kondisi ini memerlukan evaluasi dan analisis untuk dapat memaksimalkan kinerja simpang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksiting, pemodelan laht lintos, dan memberi alternatif solusi untuk meningkatkan kinerja simpang APILL Ketandan, Bantul Yogyakarta. Hasil yang di dapat dari analisis kinerja simpang menggunalcan software VISSIM 9 untuk kondisi eksisting yaitu nilai tundaan rata-rata sebesar 470.96 detik/skr, panjang antrian rata- rata 110,72 meter, dan tingkat pelayanan simpang (level of service) adalah F (sangat buruk). Beberapa alternatif solusi untuk meningkatkan kinerja simpang adalah alternatif I (menghitung waktu siklus baru) alternatif II (perancangan pelebaran jalan), alternatif III (gabungan antara menghitung waktu siklus dan perancangan pe1ebaran jalan). Alternatif tebaik adalah alternant III berdasarkan nilai tundaan rata-rata di dapat nilai 58.46 detik/skr dan panjang antrian rata-rata 80,76 meter. Nilai tundan rata-rata pada lengan Utara, Timur, Selatan, dan Barat sebesar 61.20 ; 56,71; 59,96; dan 55,72 dtk/skr dan tingkat pelayanan simpang (level of service) adalah E (buruk). Berdasarkan alternatif yang telah dilakukan maka dapat disimpulIcan bahwa nilai tundaan mengalami penurunan pada setiap alternatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: APILL intersection Ketandan, Tundaan, intersection performance, PKJI 2014, VISSIM 9
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Bima
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:16
Last Modified: 28 Aug 2024 04:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47886

Actions (login required)

View Item
View Item