ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)

Zukhruf Erzy Muhania'aini ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Jalan raya merupakan salah sate pendukung prasarana transportasi di setiap daerah, seiring dengan pesatnya aktivitas masyarakat yang semakin maju maka penggunaan jalan juga semakin meningkat. Namun prasarana ini seringkali mengalami kerusakan. Oleh karena itu perlu dilakukan peninjauan jenis kerusakan pada jalan, tingkat kerusakan jalan, kerapatan, penanganan kerusakan jalan. Adanya penelitian tentang bagaimana kondisi permukaan jalan yang rusak sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi struktural permukaan jalan tersebut. Dalam penyelesaian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis kondisi kerusakan jalan pada lapis permukaan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI).
Metode ini diperoleh data dan perkiraan kondisi yang akurat sesuai dengan kondisi di lapangan. Tingkat PC1 dituliskan dalam tingkat 0 sampai 100. Nilai menunjukkan perkerasan dalam kondisi sangat rusak dan nilai 100 menunjukkan perkerasan masih sempuma. PC1 dikembangkan untuk memberikan indeks dari integritas struktur perkerasan dan kondisi operasional permukaannya. Inforrmasi sebab-sebab kerusakan dan apakah kerusakan terkait dengan beban atau iklim. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Jenis dan nilai rata-rata kerusakan pada ruas Jalan Puring-Petanahan, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen KM 5+000 s/d 9+500 antara lain: Retak Buaya (18.47%), Kegemukan (2.70%), Retak Kotak-Kotak (5.86%), Cekungan (1.80%), Amblas (2.70%), Retak Pingir (1.80%), Pinggir Jalan Turun Vertikal (0.90%), Retak Memanjang/Melintang (12.61%), Tambalan (7.21%), Pengausan Agregat (9.01%), Lubang (19.37%), Sungkur (1.80%), Mengembang Jembul (0.90%), Pelepasan Butir (14.86%) dengan memiliki nilai indeks rata-rata sebesar 27,65%.
Berdasarkan klasifikasi yang ada yaitu balk (good), sedang (fair), buruk (poor), sangat buruk (very poor) dan gagal (failed) kualitas ruas Jalan Puring-Petanahan berada pada level buruk (poor). Perbaikan sangat penting dilakukan agar tidak menjalar kedalam kerusakan yang lebih berat. Metode perbaikan akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan dan juga berpedoman kepada teori penanganan kerusakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jalan Raya, Kerusakan Jalan, Metode Pavement Condition Index (PCI)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:09
Last Modified: 29 Aug 2024 07:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47918

Actions (login required)

View Item
View Item