Faizah Apriliani KORELASI NILAI TUTORIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
INTISARI.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB. I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB. II.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB. III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB. IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB. V.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Hasil belajar lebih berkualitas apabila ada partisipasi aktif siswa dalam belajar dari pada transfer informasi secara pasif dari guru kepada siswa. Tutorial sebagai inti kegiatan Problem-Based Learning (PBL) menuntut keaktifan mahasiswa dalam belajar mandiri, berfikir kritis, dan bertanggung jawab terhadap hasil belajarnya sebagai pembelajar sepanjang hayat. Penelitian ini bertujuan. untuk mengetahui korelasi nilai tutorial dengan prestasi akademik mahasiswa pendidikan dokter FKIK UMY. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan pendekatan cross-sectional. Subyek yang digunakan adalah mahasiswa Pendidikan Dokter FKIK UMY angkatan 2011 sebanyak 45 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah data nilai tutorial untuk variable nilai tutorial, serta data IPK untuk variable prestasi akademik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi antara nilai tutorial dengan prestasi akademik sebesar 0,822 dan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000. Besarnya kontribusi yang diberikan variable nilai tutorial terhadap prestasi akademik sebesar 67,6%, sedangkan selebihnya sebesar 32,4% dipengaruhi variable lain, yaitu nilai MCQ, responsi, dan OSCE. Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi nilai tutorial dengan prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Dokter FKIK UMY (0,822).
Dosen Pembimbing: | Dr. dr. Wiwik Kusumawati, M.Kes. | NIDN0527056601 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Hubungan, Nilai tutorial, Prestasi akademik |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Kedokteran |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:48 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |