KORELASI NILAI TUTORIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FKIK UMY

Faizah Apriliani KORELASI NILAI TUTORIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FKIK UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB. I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar lebih berkualitas apabila ada partisipasi aktif siswa dalam belajar dari pada transfer informasi secara pasif dari guru kepada siswa. Tutorial sebagai inti kegiatan Problem-Based Learning (PBL) menuntut keaktifan mahasiswa dalam belajar mandiri, berfikir kritis, dan bertanggung jawab terhadap hasil belajarnya sebagai pembelajar sepanjang hayat. Penelitian ini bertujuan. untuk mengetahui korelasi nilai tutorial dengan prestasi akademik mahasiswa pendidikan dokter FKIK UMY. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan pendekatan cross-sectional. Subyek yang digunakan adalah mahasiswa Pendidikan Dokter FKIK UMY angkatan 2011 sebanyak 45 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah data nilai tutorial untuk variable nilai tutorial, serta data IPK untuk variable prestasi akademik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi antara nilai tutorial dengan prestasi akademik sebesar 0,822 dan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000. Besarnya kontribusi yang diberikan variable nilai tutorial terhadap prestasi akademik sebesar 67,6%, sedangkan selebihnya sebesar 32,4% dipengaruhi variable lain, yaitu nilai MCQ, responsi, dan OSCE. Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi nilai tutorial dengan prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Dokter FKIK UMY (0,822).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Nilai tutorial, Prestasi akademik
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:48
Last Modified: 04 Sep 2024 02:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47967

Actions (login required)

View Item
View Item