PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE HCAHPS DI RUMAH SAKIT SWASTA DAN RUMAH SAKIT NEGERI DI DIY

Febriyanti M. Karim PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE HCAHPS DI RUMAH SAKIT SWASTA DAN RUMAH SAKIT NEGERI DI DIY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB. I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah multidimensi yang mencerminkan jenis dan kualitas layanan kesehatan, seberapa baik dan sejauh mana harapan dan kepuasan pasien terpenuhi. HCAHPS adalah suatu metode pengukuran tingkat kepuasan pasien berdasarkan keseluruhan aspek rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien antara rumah sakit swasta dan rumah sakit negeri di DIY.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain komparatif yang merupakan jenis penelitian non eksperimen. Penelitian ini mengambil responden berjumlah 57 pasien, yang terdiri dari 26 pasien di rumah sakit swasta dan 31 pasien di rumah sakit negeri. Hasil disajikan dalam prosentase dengan menggunakan data statistik dengan Mann-Whitney test.
Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kepuasan pasien di rumah sakit swasta dan rumah sakit negeri dengan nilai signifikansi pada komponen komunikasi perawat 0.403 atau >0.05, komunikasi dokter 0.789 atau >0.05, lingkungan rumah sakit 0.896 atau >0.05, manajemen nyeri 0.129 atau >0.05, komunikasi pengobatan 0.179 atau >0.05, informasi kepulangan 0.79 atau >0.05, keseluruhan rumah sakit 0.591 atau >0.05 dan kesediaan merekomendasikan rumah sakit 0.622 atau >0.05.
Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan pasien menggunakan metode HCAHPS di rumah sakit swasta dan rumah sakit negeri di DIY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, HCAHPS, Rumah Sakit Swasta dan Rumah Sakit Negeri
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Profesi Ners
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:09
Last Modified: 04 Sep 2024 07:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/47981

Actions (login required)

View Item
View Item