NABILA PUTRI YUNIKA (2024) PENGARUH MORAL RELATIVISME, NILAI ETIKA PERUSAHAAN, DAN KEDEKATAN TERHADAP PENILAIAN ETIS DENGAN PENGAKUAN ETIS SEBAGAI PEMEDIASI (SURVEY PADA INSTANSI PEMERINTAHAN DI KOTA BALIKPAPAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (506kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Bab I.pdf
Download (308kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (736kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (803kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (675kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh hasil survey mengenaipengaruh moral relativism, corporate ethical value, dan proximity terhadap ethical judgement dengan ethical recognition sebagai variabel mediasi. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai Instansi Pemerintah lebih tepatnya beberapa Badan dan Kantor Dinas di Kota Balikpapan dengan menggunakan purposive sampling. Responden pada penelitian ini sebanyak 107 Pegawai Negeri Sipil. Penurunan hipotesis pada penelitian ini ada sepuluh hipotesis dan pengolahan data analisis menggunakan SEM-PLS dengan menggunakan aplikasi SmartPLS v4.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa moral relativism tidak mempengaruhiethical judgement baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui ethical recognition sebagai variabel mediasi. Di sisi lain, dalam penelitian ini menemukan bahwa corporate ethical value dan proximity memiliki pengaruh secara langsung terhadap ethical judgement. Sementara itu, ditemukan bahwa ethical recognition tidak memiliki pengaruh terhadap ethical judgement. Corporate ethical value dan proximity tidak memiliki pengaruh terhadap ethical judgement melalui ethical recognition sebagai mediasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moral Relativism, Corporate Ethical Value, Proximity, Ethical Judgement, Ethical Recognition |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 07:38 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 07:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48057 |