TRENDS IN DIGITAL TRANSFORMATION AND MARKETING PRODUCTIVITY

RIZA AKBAR (2024) TRENDS IN DIGITAL TRANSFORMATION AND MARKETING PRODUCTIVITY. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Penerapan transformasi digital (DT) telah menjadi faktor penting dalam menjaga daya saing dan mencapai kepemimpinan transformatif bagi perusahaan. Penelitian ini mengeksplorasi tren transformasi digital dan menilai kemanjuran strategi pemasaran, dengan penekanan khusus pada pengaruh teknologi digital seperti Internet of Things (IoT), big data, machine learning (ML), dan kecerdasan buatan (AI). Menganalisis 214 artikel ilmiah yang diterbitkan dari tahun 2017 hingga 2024 melalui metode bibliometrik menunjukkan bahwa mengintegrasikan teknologi digital berpotensi mempercepat kemajuan dan memicu perubahan signifikan di berbagai industri. Hasilnya menunjukkan bahwa konsep-konsep penting seperti "pemasaran digital", "digitalisasi", "AI", dan "big data" sangat penting dalam proses merevolusi teknik pemasaran. Pemeriksaan produktivitas mengungkapkan bahwa beberapa penulis dan lembaga terkenal bertanggung jawab atas sebagian besar kontribusi penelitian. Hal ini menekankan pentingnya kolaborasi untuk meningkatkan pemahaman kolektif DT dalam pemasaran. Penelitian ini memberikan analisis mendalam tentang bidang transformasi digital (DT) dan pemasaran, menyoroti topik-topik utama dan tren yang muncul yang dapat menginformasikan penyelidikan ilmiah lebih lanjut dan implementasi praktis. Upaya penelitian di masa depan akan fokus pada melakukan studi empiris dan mengeksplorasi aplikasi praktis untuk memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti, sehingga mendorong inovasi dalam strategi pemasaran yang terkait dengan perilaku transformasi digital.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Digital Transformation, Digital Marketing, Artificial Intelligence, Big Data
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:27
Last Modified: 21 Oct 2024 02:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48141

Actions (login required)

View Item
View Item