STRATEGI KOREA SELATAN DALAM MEMANFAATKAN KAMPANYE TRUST SEBAGAI NATION BRANDING PADA MASA PANDEMI

CINDY WIDYAWATI (2024) STRATEGI KOREA SELATAN DALAM MEMANFAATKAN KAMPANYE TRUST SEBAGAI NATION BRANDING PADA MASA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada tahun 2020 dunia dihadapkan dengan coronavirus-2019 yang telah menyerang sistem pernafasan. Virus ini menyebabkan wabah baru yang telah melanda negara - negara bangsa, dunia kesehatan internasional maupun nasional mengalami kemunduran yang sangat besar, begitu juga yang dialami oleh Korea Selatan. Imbasnya Korea Selatan mendapatkan citra yang buruk oleh masyarakat dalam negeri maupun internasional mengenai penanganan kesehatan pada pandemi di awal tahun 2020. Korea Selatan kemudian menggunakan upaya serta strategi - strategi guna menurunkan kasus COVID-19. Strategi serta kebijakan yang telah dilakukan oleh Pemerintah semakin menstabilkan jumlah kasus yang berada di wilayahnya. Sukses menjadikan kasus COVID-19 ini menurun dan stagnan hanya dalam tiga bulan dikarenakan langkah - langkah yang substantif. Korea Selatan mendapatkan berbagai pujian dari negara lain, serta WHO. Keberhasilan ini menciptakan dorongan bagi Presiden Moon Jae-in untuk melakukan diplomasi publik dengan mengusung branding Korea Selatan yang telah mempunyai pengalaman dalam menekan kasus COVID-19. Keberhasilan Korea Selatan kemudian menjadi sebuah kampanye yang berisikan upaya dan strategi yang telah Korea Selatan lakukan selama masa pandemi, yaitu Kampanye TRUST yang merupakan singkatan dari T : Transparency, R : Responsibility, U : United Actions, S : Science and Speed, T : Together in Solidarity.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Coronavirus, strategy, efforts, public diplomacy, TRUST campaign
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:10
Last Modified: 21 Oct 2024 01:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48162

Actions (login required)

View Item
View Item