Astriani (2021) Implementasi GernasBaku Pada Keluarga Muslim (Studi Pada Ibu Bekerja Yang Memiliki Anak Usia Dini). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (361kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (84kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (931kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program GernasBaku yang telah diterapkan oleh Ibu-Ibu Dosen Putri Fakultas Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Pihak yang diwawancarai adalah keluarga muslim terkhusus pada Ibu-ibu Dosen Putri Fakultas Agama Islam yang telah meliputi tiga Program Studi yaitu KPI, PAI dan EPI yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang penulis lakukan mengarah pada kesimpulan yaitu: 1) Program GernasBaku bertujuan untuk mendukung inisiatif dan peran aktif keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah. 2) Berhasilnya pembiasaan membaca karena disediakan fasilitas oleh keluarga muslim seperti pojok baca atau perpustakaan dan mengajak anak ke tempat-tempat yang berhubungan dengan literasi. 3) Pencapaian dari anak usia dini Ibu-ibu dosen FAI yang berusia dari 2-4 tahun memiliki karakteristik jujur, peduli sosial, rasa ingin tahu, menghargai prestasi dan gemar membaca. 4) Faktor pendukung dan penghambat program GernasBaku, faktor pendukung gerakan ini adalah adanya kerja sama kedua orangtua, ketertarikan dan kesadaran dari orangtua dalam pendampingan membaca sehingga anak dapat membaca buku setelah itu mengulas kembali isi bacaan mereka. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kurangnya konsistensi orang tua dan merasa kelelahan untuk melakukan pendampingan, anak yang selalu ingin bermain, serta buku yang sangat diminati oleh anak secara berulang-ulang.
Kata Kunci: GernasBaku, Keluarga Muslim, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 04:03 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 04:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4818 |