DIFA ANDIRA (2024) MANAJEMEN PENGELOLAAN KONTEN AKUN INSTAGRAM @SPACE.ROASTERY DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE MELALUI SOSIAL MEDIA CAMPAIGN #NOWRONGWAYTOBREWCOFFEE PADA TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (790kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Bab I.pdf
Download (472kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (219kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (774kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Sebagai sebuah media sosial, Instagram merupakan media yang tepat untuk membentuk brand image sebuah perusahaan. Untuk membentuk brand image perlu adanya manajemen pengelolaan sosial media yang baik agar sebuah perusahaan dinilai positif oleh target audience. Space Roastery melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam manajemen media untuk campaign #NoWrongWayToBrewCoffee. Dalam tahap perencanaan, mereka melakukan brainstorming, menentukan tujuan, konsep konten, pesan campaign, dan jadwal post. Kampanye ini bertujuan untuk menghapus persepsi bahwa membuat kopi itu sulit dan mahal, dengan target audience dari semua kalangan. Namun, penjadwalan konten menjadi kendala karena tidak adanya jadwal pasti dan perubahan rencana konten yang terjadi di tengah kampanye berlangsung. Pada tahap pengorganisasian, tidak ada tim khusus yang dibentuk untuk kampanye ini. Pembagian tugas dilakukan sesuai divisi dan jabatan, dengan ide konten berasal dari pemilik Space Roastery, kemudian divisualisasikan oleh tim kreatif dan dipublikasikan oleh admin Instagram. Pemilik terlibat langsung dalam proses pembuatan konten, sehingga komunikasi menjadi lebih mudah dan meminimalisir kesalahpahaman. Campaign #NoWrongWayToBrewCoffee menggunakan nama dan logo yang sederhana dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan, memudahkan audience mengingat campaign dan menciptakan pandangan positif terhadap Space Roastery. Space Roastery menciptakan konten yang berbeda dari postingan umum tentang cara menyeduh kopi, dengan kampanye #NoWrongWayToBrewCoffee yang memberikan edukasi sekaligus membedakan mereka dari kompetitor, memperkuat keunikan dan daya ingat brand. Hal ini dapat dilihat pada sosial media Instagram dengan #NoWrongWayToBrewCoffee, sudah ada 504 postingan dengan menggunakan #NoWrongWayToBrewCoffee dengan demikian dapat diartikan bahwa campaign #NoWrongWayToBrewCoffee telah berhasil memberikan dampak kepada target audience.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Brand Image, Campaign, Sosial Media, Instagram. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 06:21 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48198 |