FAJAR FAUZAN BAKTI (2024) PURCHASE BEHAVIOR TOWARD USAGE OF ENVIRONMENTALLY FRIENDLY PRODUCTS PACKAGE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (501kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Bab I.pdf
Download (169kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (777kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (926kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (542kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap terhadap kebiasaan pembelian masyarakat pada pembelian kemasan ramah lingkungan kemasan sabun cuci Rinso. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling atau purposive, dengan jumlah responden sebanyak 248 orang. Pengumpulan data menggunakan sistem kuesioner melalui aplikasi Google Form yang disebarkan kepada masyarakat melalui media sosial. Hasil pengolahan data dari penelitian ini menggunakan aplikasi AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap alasan mendukung penggunaan kemasan hijau. Pengaruh terhadap alasan menentang penggunaan kemasan hijau adalah negatif dan signifikan. Selanjutnya, pengaruh alasan mendukung penggunaan kemasan hijau pada sikap terhadap kemasan hijau adalah negatif dan tidak signifikan. Kemudian, pengaruh alasan menentang penggunaan kemasan hijau pada sikap terhadap kemasan hijau adalah negatif dan tidak signifikan. Kemudian, nilai lingkungan pada sikap terhadap kemasan hijau memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan. Kemudian, sikap terhadap kemasan hijau dan perilaku pembelian kemasan hijau memiliki pengaruh positif dan signifikan. Hubungan mediasi yang diuji menunjukkan bahwa alasan yang mendukung penggunaan kemasan hijau tidak memediasi hubungan antara nilai lingkungan dan sikap terhadap kemasan hijau. Selanjutnya, pada alasan menentang penggunaan kemasan hijau, nilai lingkungan dan sikap terhadap kemasan hijau yang dimediasi tidak didukung, dan tidak ada peran mediasi alasan yang menentangnya. Kemudian, pada peran mediasi sikap terhadap kemasan hijau pada hubungan antara nilai lingkungan dan perilaku pembelian membeli kemasan hijau, tidak ada peran mediasi sikap terhadap kemasan hijau.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Environmental value, Reason for, Reason against, Attitude, Purchase behavior |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:19 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48208 |