PENGARUH PENDIDIKAN POLITIK MELALUI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) TERHADAP KETERTARIKAN POLITIK SISWA DI SMA DAN SMK MUHAMMADIYAH SE-KAPANEWON BANTUL

ICHLASUL FALAH ANANDA (2024) PENGARUH PENDIDIKAN POLITIK MELALUI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN) TERHADAP KETERTARIKAN POLITIK SISWA DI SMA DAN SMK MUHAMMADIYAH SE-KAPANEWON BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)

Abstract

Pendidikan politik adalah sebuah pembelajaran yang memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman politik. Muhammadiyah sebagai civil society organization di Indonesia seharusnya dapat menjalankan fungsi dari civil society organization yakni sebagai sebuah entitas penyeimbang dari kekuatan negara. Realitas di lapangan banyak peserta didik di sekolah Muhammadiyah masih banyak yang apatis terhadap politik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pendidikan politik di kalangan peserta didik SMA dan SMK Muhammadiyah di Kapanewon Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA dan SMK Muhammadiyah di Kapanewon Bantul, guru mata pelajaran PPKn dan Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi dalam kurikulum pelajaran sepenuhnya ditentukan oleh pemerintah, tanpa melibatkan guru dalam proses penentuan materi tersebut. Selain itu, Muhammadiyah sebagai civil society organization tidak memberikan arahan khusus kepada guru untuk menyampaikan pendangan politik dan kewarganegaraan Muhammadiyah kepada siswa. Penelitian juga mengungkapkan bahwa faktor kepemimpinan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat politik peserta didik. Meskipun PPKn menjadi mata pelajaran yang relevan, tidak terdapat materi khusus yang membahas pendidikan politik secara mendalam. Temuan ini mengindikasikan perlunya perhatian lebih terhadap pengembangan kurikulum yang inklusif dan partisipatif untuk meningkatkan pemahaman politik di kalangan generasi muda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Civil Society, Muhammadiyah, Political Education, PPKn
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:18
Last Modified: 22 Oct 2024 01:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48258

Actions (login required)

View Item
View Item