CREATIVE STRATEGY OF THE PRODUCER FOR COMEDY PROGRAM JENGGLENG MANASUKA ON LOCAL TELEVISION ADITV

NURDIANA RAKHMATUL FAZA (2024) CREATIVE STRATEGY OF THE PRODUCER FOR COMEDY PROGRAM JENGGLENG MANASUKA ON LOCAL TELEVISION ADITV. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu, semakin bermunculan televisi-televisi lokal yang tidak lepas juga dengan bertambahnya persaingan di industri televisi. Hal ini menuntut seorang produser harus memiliki strategi kreatif untuk bisa menayangkan program yang memiliki daya tarik besar bagi penonton. Penelitian ini mengambil objek penelitian yaitu program komedi televisi Jenggleng Manasuka dari stasiun televisi lokal AdiTV. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif yang dilakukan oleh produser program komedi Jenggleng Manasuka dengan menggunakan 13 elemen strategi kreatif Naratama yaitu, Target Penonton, Bahasa naskah, Format Acara, Punching Line, Gimmick and Funfare, Clip Hanger, Tune and Bumper, Penataan Artistik, Music and Fashion, Ritme dan Birama Acara, Logo dan Music Track untuk ID Tune, General Rehearsal (GR), dan Interactive Program. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi dengan tiga narasumber yaitu produser, producer assistant, dan program director program komedi Jenggleng Manasuka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya 13 elemen startegi kreatif yang digunakan produser pada program komedi Jenggleng Manasuka. Berdasarkan hasil penelitian, ditarik kesimpulan yang menunjukkan bahwa produser program komedi Jenggleng Manasuka menerapkan strategi dengan menggunakan 13 elemen strategi kreatif Naratama. Output dari penelitian ini sebagai salah satu media pembelajaran serta sebagai referensi dalam bidang televisi untuk pengembangan strategi pengelolaan program televisi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Creative Strategy, Producer, Television, ADiTV, Jenggleng Manasuka Programme
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:26
Last Modified: 21 Oct 2024 08:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48280

Actions (login required)

View Item
View Item