MARKETING COMMUNICATION STRATEGY USING CONTENT MARKETING ON CERA PRODUCTION�S INSTAGRAM SOCIAL MEDIA ACCOUNT TO INCREASE BRAND ENGAGEMENT

SHOFURA ALBATUL LATIFAH (2024) MARKETING COMMUNICATION STRATEGY USING CONTENT MARKETING ON CERA PRODUCTION�S INSTAGRAM SOCIAL MEDIA ACCOUNT TO INCREASE BRAND ENGAGEMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)

Abstract

Cera Production Yogyakarta merupakan unit usaha yang bergerak di bidang produksi souvenir dan terpusat di Yogyakarta.  Pengelolaan content marketing yang tepat dalam melakukan pendekatan terhadap konsumen sehingga melahirkan brand engagement terhadap konsumen dan perusahaan merupakah faktor kunci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan merumuskan kembali strategi komunikasi pemasaran pada content marketing akun instagram @ceraproduction untuk meningkatkan brand engagement berlandaskan gate keeping theory. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi pada konten instagram @ceraproduction. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Akun instagram @ceraproduction memanfaatkan segmentasi audiens dengan mengidentifikasi target melalui B2B (Business to Business) sebagai target audiens content marketing. 2) Penggunaan strategi call to action dalam menciptakan brand engagement yaitu dengan berinteraksi dengan audiens dalam memanfaatkan fitur-fitur instagram seperti reels, postingan, story, polling hingga quiz. 3) Konten @ceraproduction mengidentifikasi konten berdasarkan pengamatan terhadap kebutuhan konsumen sehingga menyelaraskan dan memilah content marketing yang tepat dalam meta ads instagram. 4) Penggunaan matriks AISAS (Attention, Interest, Search, Action, and Search) dalam mengakumulasi dan identifikasi audiens untuk menciptakan brand engangement yang kuat. 5) Penyaringan isu konten pada proses gate keeping @ceraproduction dilakukan oleh social media manager dengan persetujuan CEO dalam menentukan tingkat akurasi kesesuaian dengan perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Marketing Communication Strategy, Content Marketing, Instagram @ceraproduction, Brand Engagement
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 21 Oct 2024 07:49
Last Modified: 21 Oct 2024 07:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48288

Actions (login required)

View Item
View Item