Riza Yenni Lestari Astuti (2021) Pengaruh Penerapan Dukcapil Smart Bantul Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Saat Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bantul Tahun 2020. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Bab I.pdf
Download (632kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (934kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (317kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (466kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kepuasan masyarakat merupakan data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggaraan pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat penguna aplikasi layanan “Dukcapil Smart Bantul” pada saat Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bantul dan seberapa besar pengaruh Smart Bantul terhadap Kepuasan Masyarakat pada saat Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 100 orang yang mendapatkan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan teknik Accidental sampling. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner, wawancara dan dokumentasi sebagai data penunjang. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, peneliti mendapatkan hasil bahwa tingkat kepuasan masyarakat dalam penggunaan aplikasi layanan “Smart Bantul” disaat Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bantul dalam kategori baik. Hal tersebut dapat buktikan dari hasil perhitungan statistik deskriptif yang menunjukan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh pada variabel kepuasan masyarakat terletak pada interval 3,4 hingga 4,19 yang menunjukan pada kategori baik. Adapun pengaruh smart bantul terhadap kepuasan masyarakat pada saat pandemi covid-19 di Kabupaten Bantul tahun 2020 menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, inovasi dan penerapan Dukcapil Smart Bantul memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat pengguna Aplikasi Dukcapil Smart Bantul. Terdapat tiga indikator dari variabel kepuasan masyarakat yang semuannya dikatakan positif dan signifikan. Pada indikator keamanan merupakan indikator tertinggi yaitu 3.82 dan indikator kegunaan yang besar merupakan indikator terendah yaitu 3.74. Hal ini didukung dengan adanya kemudahan dalam menggunakan aplikasi Dukcapil Smart Bantul, layanan yang sudah jelas, proses dan alur yang cukup mudah dipahami oleh pengguna aplikasi Dukcapil Smart Bantul. Varibel kualitas pelayanan merupakan perhitungan statistik dengan nilai yang paling tinggi yaitu 3.70 dan variabel inovasi dan penerapan Dukcapil Smart Bantul merupakan yang terendah yaitu 3.64.
Kata Kunci : Dukcapil Smart Bantul, Inovasi, Kepuasan Masyarakat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 06:05 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 06:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4830 |