CALMA BREWHOUSE REBRANDING STRATEGY IN AN EFFORT TO INCREASE THE NUMBER OF CONSUMERS IN 2023

ALFIAN FEBRI ARDIANTO (2024) CALMA BREWHOUSE REBRANDING STRATEGY IN AN EFFORT TO INCREASE THE NUMBER OF CONSUMERS IN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin ketat mendorong perusahaan untuk menjadikan rebranding sebagai strategi penting dalam dunia bisnis untuk memperkenalkan produk dan mengubah visi dan misi perusahaan. Penelitian ini menganalisis proses rebranding yang dilakukan oleh Calma Brewhouse, sebuah kedai kopi dengan slogan �Calm and Sincerity of Soul� yang bertujuan untuk memberikan ketenangan melalui kopi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, serta menggunakan teori Rebranding Strategy dari Muzellec, dengan data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan model interaktif Miles B. Mathew dan A. Michael Huberman dengan tiga proses analisis data, yaitu: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data berupa triangulasi sumber, yaitu membandingkan hasil wawancara dengan dokumentasi yang ada. Hasil penelitian mengidentifikasi empat tahapan rebranding, yaitu redesign logo, penggantian nama dari Summit Coffee menjadi Calma Brewhouse, repositioning produk, dan relaunching dengan tampilan yang baru. Dari Januari hingga Desember 2023, Calma Brewhouse mencatat pendapatan bulanan antara 10.000.000-30.000.000 dan berhasil menjual lebih dari 500 cangkir kopi per bulan. Strategi rebranding ini terbukti berhasil dan memberikan dampak positif bagi bisnis mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rebranding; Strategy; Coffeeshop; Consumer
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:07
Last Modified: 21 Oct 2024 06:07
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48310

Actions (login required)

View Item
View Item