LUTVITRIA DYAH SURYA PRATIWI (2024) PENGARUH FINANCIAL TECHNOLOGY, E-COMMERCE, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (STUDI EMPIRIS PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI D.I. YOGYAKARTA DAN JAWA TENGAH). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (655kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Bab I.pdf
Download (250kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (296kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (608kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (74kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (238kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (410kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, dan persepsi risiko pada layanan financial technology, e-commerce, dan literasi keuangan terhadap kinerja keuangan UMKM. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang berada di wilayah D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan menggunakan metode purposive sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 150 pelaku UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada responden baik secara online maupun offline. Pengujian hipotesis menggunakan analisis SEM-PLS dengan aplikasi SmartPLS versi 4.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kepercayaan, dan persepsi risko pada layanan financial technology mempengaruhi kinerja keuangan UMKM di D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sedangkan persepsi kemudahan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan UMKM di D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce dan literasi keuangan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan UMKM di D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Perceived Of Trust, Perceived Of Risk, Financial Technology, E-Commerce, Financial Literacy, MSME Financial Performance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 04:05 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 04:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48320 |