Gaya Kepemimpinan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono Dalam Menangani Pandemi COVID-19

Shafira Virginia Rahmasari (2021) Gaya Kepemimpinan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono Dalam Menangani Pandemi COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Studi kepemimpinan lokal dalam keadaan krisis pandemi COVID-19 belum banyak dibahas. Untuk itu menjadi menarik membahas terkait gaya kepemimpinan daerah dalam menangani pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai gaya kepemimpinan Dedy Yon Supriyono selaku Walikota Tegal dalam penanganan pandemi COVID-19 di Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif analisis, teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan beberapa informan terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam penanganan pandemi COVID-19 adalah, pada penanganan pandemi kesiapsiagaan dan komunikasi dilakukan dengan baik oleh Dinkes melalui sosialisasi dan edukasi pada masyarakat begitupun komunikasi tidak tumpang tindih. Pengawasan dan deteksi dilakukan dengan baik mulai dari penyebaran informasi keamanan dan keselamatan. Respon dan penahanan dilakukan dengan cepat dan sigap, diberlakukan PSBB guna membatasi penyebaran wabah. Mulai dari penutupan tempat wisata, hiburan, tempat kerja, sekolah, tempat peribadatan. (1) kemampuan mengambil keputusan, Walikota Tegal berani dalam melakukan tindakan yang tepat dalam penanganan COVID-19 serta menanggung atas segala resikonya, penerapan local lockdown, isolasi wilayah, dan PSBB. (2) kemampuan memotivasi, Dedy Yon sudah berupaya menjadi pemimpin yang mampu memberikan motivasi kepada staff nya. Berbagai motivasi yang Dedy Yon berikan kepada staff nya tentu memberikan dampak positif. (3) kemampuan komunikasi, dalam menyampaikan pesan maupun gagasan atau pemikiran dilakukan dengan cukup baik meskipun beliau terus memperbaiki pola komunikasi yang dilakukan dalam penanganan pandemi. (4) kemampuan mengendalikan bawahan, pengkondisian staff dalam kemelutnya situasi pandemi COVID-19, Dedy Yon mampu mengakomodir kepentingan bersama serta mengesampingkan ego kepentingan pribadi. (5) tanggung jawab, Dedy Yon selalu mengedepankan dan melindungi masyarakat Kota Tegal dan enggan warganya banyak yang menjadi korban COVID-19, untuk itu beliau berusaha dan semaksimal mungkin mempertanggung jawabkan segala hal yang berkaitan dengan penanganan pandemi COVID-19 di Kota Tegal. (6) kemampuan mengendalikan emosional, Dedy Yon mampu mengendalikan emosionalnya. Beliau tidak mudah tersulut emosinya, selalu cross check jika terjadi kesalah pahaman. Dedy Yon Supriyono merupakan pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan demokratik, karena dianggap mampu untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam penanganan pandemi COVID-19. Beliau menempatkan sebuah kerjasama hal utama yang harus dilakukan dengan maksimal dalam mencapai tujuan, serta menjunjung kesejahteraan sebagai tujuan utama, dan selalu tanggap dalam memberikan kritikan yang membangun ataupun apresiasi kepada staff nya yang telah bekerja.
Kata kunci : Gaya Kepemimpinan, Demokratik, Kepala Daerah, Penanganan Pandemi COVID-19

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2021 06:05
Last Modified: 16 Dec 2021 06:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4833

Actions (login required)

View Item
View Item