PERANCANGAN LAMBUNG KAPAL MENGGUNAKAN ALUMUNIUM TYPE AA 1100

FATHONI TAUFIK HIDAYAT (2024) PERANCANGAN LAMBUNG KAPAL MENGGUNAKAN ALUMUNIUM TYPE AA 1100. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia memiliki banyak wilayah perairan, termasuk di Yogyakarta, yang memiliki banyak manfaat seperti ekonomi dan transportasi. Yogyakarta adalah tujuan wisata populer dengan tempat-tempat air seperti waduk, kolam, dan sungai yang menarik bagi wisatawan. Namun, untuk mempertahankan keamanan di jalur air, dibutuhkan kapal patroli atau keamanan yang kuat. Oleh karena itu, aluminium grade 1100 dipilih karena kuat dan memiliki kemampuan kerja, las, mesin yang baik dan juga tahan korosi tentunya. Untuk membangun kapal ini, dilakukan pengujian drag test untuk mendapatkan kecepatan kapal yang maksimal dan daya apung yang ideal. Proses desain menggunakan perangkat lunak Autodesk Fusion 360 dan melibatkan standardisasi IMO (international maritim organization). Pembuatan daerah komputasi dan mesh menggunakan perangkat lunak Ansys 2023 R2 berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan total 671,888 elemen.. Berat desain lambung kapal adalah 28,32 kg dengan tambahan berat 2 penumpang, rangka, mesin, dan baling-baling sekitar 350 kg. Dengan berat tersebut, kapal tenggelam sebesar 17 cm. Dari hasil yang didapat disimpulkan bahwa ukuran lambung kapal jet boat sebesar 2400 mm x 1000 mm x 600 mm masih memenuhi standar IMO. Analisis aerodinamika pada kecepatan 5 m/s dan beban 350 kg menunjukkan gaya 872.24 N, koefisien drag 0,116299 Cd, dan daya 4321,23 W. Jet boat ini cocok untuk 2 penumpang dan mampu menahan beban hingga 350 kg.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: aerodynamics, buoyancy, power, drag, drag coefficient, ansys, autodesk fusion, International maritim organization standardization.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 23 Oct 2024 06:01
Last Modified: 23 Oct 2024 06:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48390

Actions (login required)

View Item
View Item