NIKEN DAMAYANTII (2024) IMPLEMENTASI ASA KECEPATAN KEMUDAHAN KETERJANGKAUAN DALAM PELAYANAN PUBLIK BAGI PASIEN PENGGUNA BPJS DI RSUD WATES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (608kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (52kB)
Bab I.pdf
Download (361kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (422kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (467kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (131kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (229kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (524kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (983kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pelayanan kesehatan yang berkualitas menjadi faktor penting dalam meningkatkan asas kecepatan, kemudahan, dan keterjangkauan bagi pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Rumah Sakit Umum Daerah Wates. Dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal, pemerintah telah menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS. Rumah sakit sebagai sarana dalam pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) harus lebih memperhatikan berbagai masalah yang terjadi dalam penyelenggaraan BPJS Kesehatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris, yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan di masyarakat. cara pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara kepada responden terkait dan studi pustaka, Hasil penelitian menunjukan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Wates telah memenuhi standar pelayanan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Prosedur pelayanan disusun secara sederhana, tidak berbelit-belit dan mudah dipahami. Waktu pelayanan sesuai dengan kebutuhan pasien. Tarif pelayanan dijelaskan secara rinci dan transparan. Hambatan yang terjadi dalam pemberian pelayanan ini adalah koneksi yang terbatas serta fasiltas teknologi yang masih belum optimal yang mengakibatkan masyarakat masih minim pengetahuan terkait aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional tersebut. RSUD Wates perlu untuk melakukan sosialiasi atau penyuluhan terkait kepesertaan sebagai anggota BPJS agar tidak ada lagi kendala maupun hambatan yang terjadi. Juga diperlukan peningkatan koordinasi antara pihak RSUD Wates dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo terkait BPJS Kesehatan agar lebih optimal dalam memberikan pelayananan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BPJS Health, Health Services, public services |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 06:43 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 06:43 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48398 |