TEACHERS' PERCEPTIONS OF THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN ISLAMIC RELIGIOUS LEARNING AT SMP MUHAMMADIYAH 1 DENPASAR BALI

NOVIANTY SAFITRI (2024) TEACHERS' PERCEPTIONS OF THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN ISLAMIC RELIGIOUS LEARNING AT SMP MUHAMMADIYAH 1 DENPASAR BALI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam pembelajaran Agama Islam, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan suatu upaya sistematis untuk membentuk dan mengembangkan karakter positif pada individu, terutama dalam konteks pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian kualitatif ini mengambil subjek salah satu sekolah SMP Muhammadiyah 1 Denpasar, Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa sekolah SMP Muhammadiyah 1 Denpasar dalam pembelajaran Agama Islam telah menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dengan mengimplementasikan PPK memiliki dampak positif terhadap prestasi belajar dan perilaku siswa, dengan meningkatkan motivasi belajar, penguatan moral, keterampilan sosial, dan kepercyaan diri. Kurikulum yang mengintegrasikan pendidikan karakter, bersama dengan kegiatan ekstrakulikuler yang mendukung, menjadi kunci keberhasilan dalam membentuk karakter siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teacher perception, Character education, Learning, Islamic Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 28 Oct 2024 06:26
Last Modified: 28 Oct 2024 06:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48431

Actions (login required)

View Item
View Item