NOVIANTY SAFITRI (2024) TEACHERS' PERCEPTIONS OF THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN ISLAMIC RELIGIOUS LEARNING AT SMP MUHAMMADIYAH 1 DENPASAR BALI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only
Download (40kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam pembelajaran Agama Islam, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan suatu upaya sistematis untuk membentuk dan mengembangkan karakter positif pada individu, terutama dalam konteks pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian kualitatif ini mengambil subjek salah satu sekolah SMP Muhammadiyah 1 Denpasar, Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa sekolah SMP Muhammadiyah 1 Denpasar dalam pembelajaran Agama Islam telah menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dengan mengimplementasikan PPK memiliki dampak positif terhadap prestasi belajar dan perilaku siswa, dengan meningkatkan motivasi belajar, penguatan moral, keterampilan sosial, dan kepercyaan diri. Kurikulum yang mengintegrasikan pendidikan karakter, bersama dengan kegiatan ekstrakulikuler yang mendukung, menjadi kunci keberhasilan dalam membentuk karakter siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teacher perception, Character education, Learning, Islamic Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 06:26 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 06:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48431 |