SIFA RIZKIYA RAHMAH (2024) STUDENT'S ATTITUDE OF THE USE OF ONLINE RESOURCES IN FOREIGN LANGUAGE CLASSES AT ONE OF THE PRIVATE UNIVERSITIES IN YOGYAKARTA: A QUANTITATIVE STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (327kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (503kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (98kB)
Bab I.pdf
Download (276kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (246kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (178kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (961kB)
Abstract
Menggunakan sumber daya daring sangat bermanfaat untuk belajar Bahasa Inggris karena memungkinkan siswa mengakses informasi yang terpercaya. Namun, terkadang siswa lebih memilih pengajaran langsung dari dosen daripada menggunakan alat daring untuk mempelajari keterampilan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sikap mahasiswa pendidikan bahasa di sebuah universitas swasta di Yogyakarta terkait penggunaan sumber daya daring dalam kelas bahasa asing dan mengevaluasi perbedaan signifikan di antara tiga program studi bahasa asing mengenai sikap mereka. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen. Populasi terdiri dari seluruh mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa angkatan 2021, termasuk 95 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 40 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, dan 24 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, mahasiswa memandang penggunaan sumber daya daring secara positif dan merasa sumber-sumber tersebut membantu memfasilitasi proses belajar bahasa asing. Selain itu, hasil uji ANOVA satu arah menunjukkan nilai p sebesar 0,644, yang lebih tinggi dari 0,05, menandakan tidak ada perbedaan signifikan di antara ketiga program studi tersebut. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terlepas dari bahasa yang dipelajari, mahasiswa cenderung memiliki pandangan serupa tentang peran sumber daya daring dalam meningkatkan kompetensi mereka dalam belajar bahasa asing.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | online resources, foreign language learning, student's attitude, quantitative study. |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 03:34 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 03:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48487 |