HAIDAR HANIF FALAHA (2024) STUDENTS' PERCEPTION ON ORAL CORRECTIVE FEEDBACK: A STUDY AT A PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (274kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (292kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (59kB)
Bab I.pdf
Download (119kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (60kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Umpan balik korektif lisan memainkan peran penting dalam mempromosikan pembelajaran dan pengembangan di kelas bahasa kedua. Ini membantu siswa mengenali dan mengoreksi kesalahan dalam penggunaan bahasa mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis umpan balik korektif lisan yang digunakan oleh guru di kelas bahasa Inggris, serta keuntungan umpan balik yang ditawarkan oleh guru dalam meningkatkan keterampilan bahasa siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dari sebuah universitas swasta di Yogyakarta yang melibatkan enam mahasiswa PBI universitas ini sebagai peserta. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi dan wawancara. Peneliti melakukan observasi untuk mengetahui jenis umpan balik korektif lisan dan melakukan wawancara untuk mengumpulkan data yang terkait dengan keuntungannya. Dalam menganalisis data, peneliti melakukan transkripsi, pengecekan anggota dan pengkodean. Temuan penelitian ini mengungkapkan empat jenis umpan balik korektif lisan yaitu koreksi eksplisit, penyusunan ulang, permintaan klarifikasi, dan pengulangan. Temuan tersebut juga mengidentifikasi enam keuntungan menerima umpan balik korektif lisan, yaitu memberikan peningkatan motivasi, meningkatkan kesadaran siswa terhadap penggunaan bahasa, mendukung persepsi dan sikap positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris, meningkatkan akurasi bahasa, mendorong komunikasi yang jelas, dan meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Oral corrective feedback, types of oral corrective feedback, advantages of oral corrective feedback. |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 07:02 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 07:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48511 |