Zahra Afifa (2021) EFEKTIVITAS PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (609kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (547kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
Bab I.pdf
Download (280kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (439kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (825kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (499kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (580kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Membaca Al-Qur‟an merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam. Kemampuan membaca Al-Qur‟an dapat dilihat dari ketepatan membaca sesuai dengan ilmu tajwid dan makharijul huruf. Universitas Muhmmadiyah Yogyakarta mengadakan program bimbingan Baca Tulis Al-Qur‟an (BTA). Program ini bertujuan selain untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, tetapi juga sebagai salah satu syarat mengikuti wisuda pada akhir masa kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program bimbingan BTA efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qu‟ran mahasiswa khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research atau penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program bimbingan Baca Tulis Al-Qur‟an (BTA) yang ditinjau dari 4 aspek untuk mengukur efektivitas dapat dikatakan efektif. Kemampuan membaca Al-Qur‟an mahasiswa yang diukur dari dua hal, yaitu ketentuan ilmu tajwid dan makharijul huruf juga menunjukkan bahwa dengan diadakannya program bimbingan Baca Tulis Al-Qur‟an (BTA), kemampuan membaca Al-Qur‟an mahasiswa khususnya program studi PAI meningkat dan sesuai dengan tujuan program, yaitu membimbing mahasiswa/i agar dapat membaca Al-Qur‟an sesuai dengan ketentuan tajwid dan makharijul huruf.
Kata kunci: efektivitas program, program BTA, kemampuan membaca AlQur‟an
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 05:58 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 05:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4852 |