NETFLIX AS A MEDIUM TO PROMOTE EFL STUDENT'S INDEPENDENT LEARNING

ANGGUN LUTVIA TIARANI (2024) NETFLIX AS A MEDIUM TO PROMOTE EFL STUDENT'S INDEPENDENT LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)

Abstract

Netflix merupakan salah satu media hiburan, namun dalam lingkungan pembelajaran bahasa asing siswa dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran. Netflix dapat membantu siswa untuk memanfaatkannya dengan menggunakan beberapa strategi seperti manfaat subtitle, juga mendukung pembelajaran mandiri siswa dengan beberapa fasilitas yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh siswa EFL yang terlibat dalam pembelajaran bahasa Inggris mandiri melalui Netflix dan untuk memahami bagaimana Netflix mendukung siswa EFL dalam pembelajaran bahasa Inggris mandiri. Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilakukan di salah satu universitas di Yogyakarta, melibatkan empat mahasiswa dari jurusan pendidikan bahasa Inggris. Peneliti melakukan wawancara untuk mengumpulkan data dan menggunakan open, analytics, axial, dan selective coding untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa Netflix mampu mendukung siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris mandiri melalui beberapa faktor: paparan bahasa otentik, perolehan dan peningkatan kosakata, bantuan pembelajaran multimodal, fleksibilitas dan peningkatan otonomi pelajar, pengembangan keterampilan mendengarkan, dan pembelajaran budaya. Ditemukan pula berbagai strategi pembelajaran yang disediakan Netflix untuk memfasilitasi siswa dalam belajar mandiri, seperti melatih pengucapan melalui isyarat audio-visual dan memilih film yang tepat sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Independent learning, Strategies, EFL, Netflix, Vocabulary
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 08 Nov 2024 03:32
Last Modified: 08 Nov 2024 03:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48549

Actions (login required)

View Item
View Item