ANGGUN LUTVIA TIARANI (2024) NETFLIX AS A MEDIUM TO PROMOTE EFL STUDENT'S INDEPENDENT LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (833kB)
Abstract
Netflix merupakan salah satu media hiburan, namun dalam lingkungan pembelajaran bahasa asing siswa dapat menggunakannya sebagai media pembelajaran. Netflix dapat membantu siswa untuk memanfaatkannya dengan menggunakan beberapa strategi seperti manfaat subtitle, juga mendukung pembelajaran mandiri siswa dengan beberapa fasilitas yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh siswa EFL yang terlibat dalam pembelajaran bahasa Inggris mandiri melalui Netflix dan untuk memahami bagaimana Netflix mendukung siswa EFL dalam pembelajaran bahasa Inggris mandiri. Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilakukan di salah satu universitas di Yogyakarta, melibatkan empat mahasiswa dari jurusan pendidikan bahasa Inggris. Peneliti melakukan wawancara untuk mengumpulkan data dan menggunakan open, analytics, axial, dan selective coding untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa Netflix mampu mendukung siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris mandiri melalui beberapa faktor: paparan bahasa otentik, perolehan dan peningkatan kosakata, bantuan pembelajaran multimodal, fleksibilitas dan peningkatan otonomi pelajar, pengembangan keterampilan mendengarkan, dan pembelajaran budaya. Ditemukan pula berbagai strategi pembelajaran yang disediakan Netflix untuk memfasilitasi siswa dalam belajar mandiri, seperti melatih pengucapan melalui isyarat audio-visual dan memilih film yang tepat sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Independent learning, Strategies, EFL, Netflix, Vocabulary |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 03:32 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 03:32 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48549 |