THE IMPACT OF USING CHATGPT ON UNIVERSITY STUDENTS' ABILITY TO WRITE LECTURE ASSIGNMENT

FADIL AKBAR (2024) THE IMPACT OF USING CHATGPT ON UNIVERSITY STUDENTS' ABILITY TO WRITE LECTURE ASSIGNMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)

Abstract

ChatGPT (Generative Pre-Training Transformer) menjadi salah satu media yang sering digunakan dan diakses oleh mahasiswa untuk mendapatkan informasi dan dan mempermudah mahasiswa dalam pembelajaran. Selain itu, penggunaan ChatGPT membantu mahasiswa dalam menulis dan memudahkan mahasiswa dalam proses penulisan. Penelitian ini bertujuan mencari dampak dari penggunaan ChatGPT terhadap kemampuan menulis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan penggunaan kuesioner sebagai salah satu teknik pengumpulan data. Kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tanggapan dan pandangan mahasiswa yang dituju sebagai responden pada penelitian ini yaitu dampak penggunaan ChatGPT terhadap kemampuan menulis mahasiswa. Dalam penelitian menyatakan bahwa penggunaan ChatGPT memberikan dampak terhadap kemampuan menulis mahasiswa, sehingga ChatGPT bisa menjadi salah satu alat atau media yang dapat membantu mahasiswa dalam menulis dan menjadi media yang membantu mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan menulis. Namun, penggunaan ChatGPT dalam menulis juga memiliki dampak negatif di balik itu yaitu bisa menjadikan mahasiswa manja dan malas berpikir ketika menulis, hal ini dikarenakan karena teknologi ChatGPT yang mampu mengerti bahasa manusia sehingga bisa memenuhi apa yang diinginkan oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, Learning, Writing Skills, University Student
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 11 Nov 2024 02:34
Last Modified: 11 Nov 2024 02:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48554

Actions (login required)

View Item
View Item