PERSEPSI MAHASISWA KPI UMY TENTANG PENYEBARAN BERITA HOAKS DI MEDIA SOSIAL DALAM TINJAUAN KOMUNIKASI ISLAM

MUHAMMAD HUSAIN RAMADHAN (2024) PERSEPSI MAHASISWA KPI UMY TENTANG PENYEBARAN BERITA HOAKS DI MEDIA SOSIAL DALAM TINJAUAN KOMUNIKASI ISLAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia di era revolusi 4.0 karena semua orang dapat dimungkinkan untuk berbagi, berinteraksi, dan berkomunikasi melalui berbagai platform media yang tersedia.fungsi media sosial membantu banyak hal, diantaranya kemudahan berbisnis dan mempercepat infomasi kondisi siaga bencana. Ketepatan dan ketersediaan informasi yang luas di media sosial dapat menjadi keuntungan. Namun di sisi lain, data atau konten digital yang tersedia juga dapat merugikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa KPI UMY tentang penyebaran berita hoaks di media sosial dalam tinjauan komunikasi Islam dan mengetahui faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Cara pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa KPI UMY angkatan 2020 terhadap penyebaran berita hoaks tentang isu-isu nasional di media sosial dalam tinjauan komunikasi Islam adalah negatif. Faktor yang memengaruhi persepsi mahasiswa KPI UMY terhadap penyebaran hoaks antara lain pemahaman agama, etika komunikasi Islam, literasi media, lingkungan sosial, politik dan pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keywords: hoax news, communication ethics, islamic communication, social media student perception
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 07 Nov 2024 01:49
Last Modified: 07 Nov 2024 01:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48567

Actions (login required)

View Item
View Item