REPRESENTASI PEMIKIRAN PROF. AMIN ABDULLAH PADA BUKU FILSUF MEMBUMI DAN MENCERAHKAN DALAM MEMBANGUN GENERASI INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA

AINANI TAJRIANI (2024) REPRESENTASI PEMIKIRAN PROF. AMIN ABDULLAH PADA BUKU FILSUF MEMBUMI DAN MENCERAHKAN DALAM MEMBANGUN GENERASI INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis gagasan Prof. Amin Abdullah yang direpresentasikan dalam buku Filsuf Membumi dan Mencerahkan terkait dengan pengembangan generasi intelektual Muslim di Indonesia. Fokus utama penelitian ini adalah pada konsep integrasi-interkoneksi yang dikembangkan oleh Amin Abdullah sebagai pendekatan inovatif untuk menjembatani dikotomi antara ilmu agama dan sains di institusi pendidikan Islam. Dengan menggunakan metode library research dan teori representasi dari Stuart Hall, penelitian ini mengungkap bagaimana gagasan multidisiplin, interdisiplin, dan transdisiplin dapat menciptakan intelektual Muslim yang kritis dan mampu berkontribusi dalam konteks sosial-budaya modern. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan integrasi-interkoneksi memiliki potensi besar dalam memajukan pendidikan Islam yang relevan dengan tantangan abad ke21.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: representation, Amin Abdullah, integration-interconnection, Muslim intellectuals, multidisciplinary
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Nov 2024 03:31
Last Modified: 05 Nov 2024 03:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48620

Actions (login required)

View Item
View Item