BIMA SANJAYA JAVA (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCETAK GENERASI QUR'ANI DI SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 2. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (917kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Bab I.pdf
Download (165kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Abstract
Pendidikan al-Qur'an di sekolah memiliki peran vital dalam memperkenalkan, membiasakan, dan menanamkan nilai-nilai al-Qur'an pada siswa. Mengedukasi generasi muda tentang al-Qur'an adalah langkah penting untuk membimbing mereka menuju kehidupan yang benar, terutama di era sekarang yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi. Sangat penting bagi anak-anak untuk tetap menghayati dan menjaga al-Qur'an di hati mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk generasi Qur'ani di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2 Sleman. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Ambarketawang 2, Kabupaten Sleman, menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran krusial dalam mencetak generasi Qur'ani dengan memanfaatkan media modern seperti smartphone untuk mengajarkan nilai-nilai al-Qur'an secara lebih bervariasi. Salah satu strategi efektif adalah menyisipkan nilai-nilai al-Qur'an dalam setiap mata pelajaran, yang tidak hanya memperkaya aspek akademis tetapi juga membantu membentuk pribadi yang berakhlak mulia. Faktor pendukung seperti motivasi tinggi, lingkungan yang baik, dan partisipasi aktif orang tua sangat membantu dalam proses ini, sementara faktor penghambat meliputi perbedaan kecerdasan siswa dan kebiasaan buruk yang dibawa dari rumah. Memahami faktorfaktor ini dapat membuat proses pendidikan lebih efektif dalam mencapai tujuan pembentukan generasi Qur'ani.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Role Of Teachers, Islamic Generation |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 04:08 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 04:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48654 |