IMPLEMENTATION OF INCLUSIVE SCHOOL IN YOGYAKARTA CITY IN REALIZING SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS)

HANDARU MAYA YASEEN (2024) IMPLEMENTATION OF INCLUSIVE SCHOOL IN YOGYAKARTA CITY IN REALIZING SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (736kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi pendidikan inklusi di Kota Yogyakarta, Indonesia, dengan fokus pada bagaimana pendidikan inklusi berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDG 10 (Pengurangan Ketimpangan). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan data yang dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi langsung, dan analisis dokumen resmi. Pemangku kepentingan utama yang terlibat meliputi badan pemerintah, sekolah, guru, dan orang tua, yang memainkan peran penting dalam mendukung integrasi siswa berkebutuhan khusus ke dalam sekolah umum.Studi ini mengevaluasi implementasi ini dengan menggunakan Teori Evaluasi Kebijakan William Dunn, yang menilai efektivitas, efisiensi, kecukupan, kesetaraan, dan daya tanggap kebijakan. Hasilnya menunjukkan adanya kemajuan dalam pendidikan inklusif, yang dibuktikan dengan meningkatnya alokasi anggaran dan upaya kebijakan; namun, tantangan yang masih ada seperti infrastruktur yang kurang memadai, kurangnya guru pendidikan khusus (GPK), dan stigma masyarakat masih menjadi hambatan yang signifikan. Berdasarkan temuan-temuan ini, rekomendasi untuk meningkatkan implementasi kebijakan termasuk meningkatkan rekrutmen GPK, memperbaiki infrastruktur sekolah, dan melakukan kampanye kesadaran publik untuk mendukung inklusivitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Inclusive Education, Sustainable Development Goals (SDGs), special education teachers (GPK), Disability, Policy Evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 06 Nov 2024 06:54
Last Modified: 06 Nov 2024 06:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48673

Actions (login required)

View Item
View Item