MUHAMMAD FAISHAL IZDIHAR (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN CV TANI ORGANIK MERAPI DI KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, D.I. YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (306kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (60kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Bab I.pdf
Download (139kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (214kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (365kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (535kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (45kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (68kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (53kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
STRATEGI PENGEMBANGAN CV TANI ORGANIK MERAPI DI KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, D.I. YOGYAKARTA (Skripsi dibimbing oleh Francy Risvansuna Fivintari, S.P., M.P.) Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dari CV Tani Organik Merapi; (2) merumuskan strategi pengembangan yang tepat agar mampu diterapkan oleh CV Tani Organik Merapi. Metode penelitian ini adalah kombinasi, metode kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan strategi yang tepat, sementara metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis data IFE dan EFE berupa angka. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dan analisis QSPM. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara langsung dan penyebaran kuesioner kepada 6 responden dengan cara purposive sampling. Responden yang dipilih yaitu pengelola CV Tani Organik Merapi meliputi owner, manajer, asisten manajer, koordinator agribisnis, koordinator kemitraan, dan koordinator agrowisata. Berdasarkan hasil analisis SWOT �Tani Organik Merapi� berada pada kuadran I yang artinya positif dan cukup baik. Pada kuadran I ini agrowisata sangat diuntungkan dengan total IFE (3,17) dan total EFE (2,98). Berdasarkan hasil tersebut strategi alternatif pengembangan adalah strategi agresif dengan memanfaatkan peluang untuk meningkatkan kekuatan. Dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan yang menjadi prioritas utama berdasarkan analisis matriks QSPM adalah mengoptimalkan market leader dan sertifikasi organik petani mitra dengan nilai daya tarik terbesar yaitu 6,20.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | development strategy, QSPM, SWOT, Tani Organic Merapi |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 05:48 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 05:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48695 |