Andi Adam Bahtiar (2021) URGENSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PERSPEKTIF STRATEGI DAN TRILOGI PERSIAPAN MENDIDIK ANAK USIA DINI MENURUT DR. MANSUR, M.A DALAM BUKU "PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM ISLAM". S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (730kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (66kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (377kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (313kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (875kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Mengingat telah banyak para tokoh dan cendekiawan yang konsen terhadap pembahasan mengenai pendidikan anak baik dari tingkat sekolah dasar hingga perkuliahan, salah satunya adalah pemikiran Mansur. Di dalam buku Mansur terdapat diantaranya strategi dan trilogi tersebut ialah sebersih-bersih tauhid, setinggi–tinggi pengetahuan, dan sepandai-pandai siyasah. Dasar pemikiran Mansur adalah bahwa memperbaiki akhlak anak yang rusak itu lebih sulit, oleh karena itu untuk melakukan preventifnya sudah dimulai sejak anak berusia dini bahkan dapat dilakukan dari dalam kandungan (rahim) ibu. Bagaimanakah aktualisasi konsep strategi daan trilogi pendidikan anak usia dini dalam mencegah kerusakan moral generasi penerus bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengetahui konsep dan realisasi strategi dan trilogi pendidikan anak usia dini menurut Mansur dalam Islam di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, yaitu mengumpulkan data dari sumber primer dan sumber sekunder, yang selanjutnya data yang sudah dihimpun dijabarkan, dikaji dengan bahasan penelitian. Hasil dari penelitian ini berisi dan berkaitan dengan gagasan Mansur mengenai konsep strategi dan trilogi pendidikan anak usia dini memuat bahasan pokok mengenai trilogi pendidikan anak usia dini yang disusun oleh Mansur, yaitu sebersih-bersih tauhid, setinggi-tinggi ilmu pengetahuan, sepandai-pandai siyasah beserta realisasinya di masyarakat.
Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Strategi, Trilogi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 04:20 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 04:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4871 |