ILHAM HARIYADI (2024) PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT ISLAM KUSTATI SURAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (732kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Latar Belakang: Salah satu tolak ukur keberhasilan organisasi adalah kinerja sumber daya manusia. Diketahui fenomena di IGD Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta menunjukkan bahwa kinerja tenaga medis masih perlu ditingkatkan kompetensinya agar bisa melayani masyarakat atau pasien yang berobat ke rumah sakit dengan prima. Pengukuran dengan pendekatan BSC (Balanced Score Card) dapat membantu IGD RSUI Kustati Surakarta mengembangkan rencana yang terarah untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusianya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif cross-sectional study dengan kuesioner menggunakan skala Likert dan dokumentasi sebagai data sekunder. Total sampling dilakukan pada tenaga medis di IGD RSUI Kustati Surakarta. Uji validitas-reliabilitas dilakukan sebelum pengambilan data. Analisis deskriptif digunakan untuk mengolah data. Hasil dan Pembahasan: Hasil uji validitas Pearson Correlation menunjukan 27 butir pernyataan, 26 butir pernyataan valid dengan nilai Sig.(2-tailed) <0,05 dan uji reliabilitas Cronbach’s Alpha dengan nilai 0,957. Total responden berjumlah 48 orang. Setelah dilakukan pembobotan hasil pencapaian KPI RSUI KUSTATI adalah 3,96. Pencapaian perspektif financial pada rasio efektivitas mencapai 100%, rasio efisiensi mencapai 78,47%, dan rasio ekonomis mencapai 100%, perspektif customer pada indikator kualitas pelayanan mempunyai skor 1,96 dan pengukuran nilai konsumen mempunyai skor 1,19, perspektif internal business process pada indikator Bed Occupacy Ratio memiliki jumlah rata-rata 53,48%, Average Length of Stay mencapai 2,17 hari, Turn Over Interval mencapai 1,94 hari, . Bed Turn Over mencapai 92,27 kali dalam satu tahun di tahun 2022, Net Death Rate mencapai 5,61 orang dan perspektif learning and growth 1,25 dan Gross Death Rate mencapai 19,31 orang. Pada perspektif learning and growth memiliki skor 1,12. Kesimpulan: Meskipun kinerja dari setiap perspektif BSC secara keseluruhan sangat baik, rumah sakit perlu berupaya mengevaluasi kebijakan yang ada, atau merumuskan kebijakan baru untuk dapat mempertahankan hasil kinerja yang sudah baik ataupun mencapai hasil kinerja yang lebih baik.
Dosen Pembimbing: | Qurratul Aini, Dr., S.KG.,M.Kes. | NIDN0526097901 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | performance, human resources, BSC |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 28 Dec 2024 03:19 |
Last Modified: | 28 Dec 2024 03:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48884 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |