ILHAM HARIYADI (2024) PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT ISLAM KUSTATI SURAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (732kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang: Salah satu tolak ukur keberhasilan organisasi adalah kinerja sumber daya manusia. Diketahui fenomena di IGD Rumah Sakit Islam Kustati Surakarta menunjukkan bahwa kinerja tenaga medis masih perlu ditingkatkan kompetensinya agar bisa melayani masyarakat atau pasien yang berobat ke rumah sakit dengan prima. Pengukuran dengan pendekatan BSC (Balanced Score Card) dapat membantu IGD RSUI Kustati Surakarta mengembangkan rencana yang terarah untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusianya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif cross-sectional study dengan kuesioner menggunakan skala Likert dan dokumentasi sebagai data sekunder. Total sampling dilakukan pada tenaga medis di IGD RSUI Kustati Surakarta. Uji validitas-reliabilitas dilakukan sebelum pengambilan data. Analisis deskriptif digunakan untuk mengolah data. Hasil dan Pembahasan: Hasil uji validitas Pearson Correlation menunjukan 27 butir pernyataan, 26 butir pernyataan valid dengan nilai Sig.(2-tailed) <0,05 dan uji reliabilitas Cronbach’s Alpha dengan nilai 0,957. Total responden berjumlah 48 orang. Setelah dilakukan pembobotan hasil pencapaian KPI RSUI KUSTATI adalah 3,96. Pencapaian perspektif financial pada rasio efektivitas mencapai 100%, rasio efisiensi mencapai 78,47%, dan rasio ekonomis mencapai 100%, perspektif customer pada indikator kualitas pelayanan mempunyai skor 1,96 dan pengukuran nilai konsumen mempunyai skor 1,19, perspektif internal business process pada indikator Bed Occupacy Ratio memiliki jumlah rata-rata 53,48%, Average Length of Stay mencapai 2,17 hari, Turn Over Interval mencapai 1,94 hari, . Bed Turn Over mencapai 92,27 kali dalam satu tahun di tahun 2022, Net Death Rate mencapai 5,61 orang dan perspektif learning and growth 1,25 dan Gross Death Rate mencapai 19,31 orang. Pada perspektif learning and growth memiliki skor 1,12. Kesimpulan: Meskipun kinerja dari setiap perspektif BSC secara keseluruhan sangat baik, rumah sakit perlu berupaya mengevaluasi kebijakan yang ada, atau merumuskan kebijakan baru untuk dapat mempertahankan hasil kinerja yang sudah baik ataupun mencapai hasil kinerja yang lebih baik.

Dosen Pembimbing: Qurratul Aini, Dr., S.KG.,M.Kes. | NIDN0526097901
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: performance, human resources, BSC
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Bima
Date Deposited: 28 Dec 2024 03:19
Last Modified: 28 Dec 2024 03:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48884

Actions (login required)

View Item View Item