HERI ARIYANTO (2024) EFEKTIVITAS EDUKASI BERBASIS TELENURSING UNTUK MENINGKATKAN SELF-CARE DAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN HEART FAILURE DI RUMAH. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendahuluan: gagal jantung merupakan kondisi kronis yang memerlukan perawatan mandiri dengan baik untuk mencegah komplikasi lebih lanjut dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas edukasi berbasis telenursing terhadap self-care dan kualitas hidup pada pasien gagal jantung. Metode: penelitian menggunakan desain quasi-eksperimental dengan pendekatan pre-test dan post-test yang melibatkan 52 responden terbagi dalam kelompok intervensi dan kontrol. Edukasi telenursing diberikan melalui website yang berisi modul edukasi dan video terkait manajemen gagal jantung, sementara kelompok kontrol menerima leaflet. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Self-Care of Heart Failure Index (SCHFI) dan Minnesota Living with Heart Failure Questionnaire (MLHFQ) untuk mengukur self-care dan kualitas hidup sebelum dan setelah intervensi. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa edukasi berbasis telenursing secara signifikan meningkatkan self-care dan kualitas hidup pasien gagal jantung pada kelompok intervensi dibandingkan kelompok kontrol dengan nilai Z pada semua variabel hasil >1,0 dengan nilai p= 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa dampak intervensi pendidikan melalui aplikasi berbasis web terhadap hasil sangat kuat, dengan tingkat signifikansi yang tinggi. Kesimpulan: Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi telenursing efektif dalam mendukung perawatan mandiri pasien gagal jantung, serta dapat diterapkan sebagai alternatif intervensi berkelanjutan untuk meningkatkan hasil kesehatan pasien di rumah.

Dosen Pembimbing: Elsye Maria Rosa, Dr., S.K.M., M.Kes. | NIDN0329087001
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Education, Heart Failure, Quality of Life, Self-Care, Telenursing
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan
Depositing User: Fauzi Hernandi
Date Deposited: 17 Feb 2025 02:35
Last Modified: 17 Feb 2025 02:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48933

Actions (login required)

View Item View Item