HERI ARIYANTO (2024) EFEKTIVITAS EDUKASI BERBASIS TELENURSING UNTUK MENINGKATKAN SELF-CARE DAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN HEART FAILURE DI RUMAH. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendahuluan: gagal jantung merupakan kondisi kronis yang memerlukan perawatan mandiri dengan baik untuk mencegah komplikasi lebih lanjut dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas edukasi berbasis telenursing terhadap self-care dan kualitas hidup pada pasien gagal jantung. Metode: penelitian menggunakan desain quasi-eksperimental dengan pendekatan pre-test dan post-test yang melibatkan 52 responden terbagi dalam kelompok intervensi dan kontrol. Edukasi telenursing diberikan melalui website yang berisi modul edukasi dan video terkait manajemen gagal jantung, sementara kelompok kontrol menerima leaflet. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Self-Care of Heart Failure Index (SCHFI) dan Minnesota Living with Heart Failure Questionnaire (MLHFQ) untuk mengukur self-care dan kualitas hidup sebelum dan setelah intervensi. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa edukasi berbasis telenursing secara signifikan meningkatkan self-care dan kualitas hidup pasien gagal jantung pada kelompok intervensi dibandingkan kelompok kontrol dengan nilai Z pada semua variabel hasil >1,0 dengan nilai p= 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa dampak intervensi pendidikan melalui aplikasi berbasis web terhadap hasil sangat kuat, dengan tingkat signifikansi yang tinggi. Kesimpulan: Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi telenursing efektif dalam mendukung perawatan mandiri pasien gagal jantung, serta dapat diterapkan sebagai alternatif intervensi berkelanjutan untuk meningkatkan hasil kesehatan pasien di rumah.
Dosen Pembimbing: | Elsye Maria Rosa, Dr., S.K.M., M.Kes. | NIDN0329087001 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Education, Heart Failure, Quality of Life, Self-Care, Telenursing |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Keperawatan |
Depositing User: | Fauzi Hernandi |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 02:35 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 02:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/48933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |