Konsep dan Metode Pendidikan Anak Menurut Hamka

Amin Sholikhin (2021) Konsep dan Metode Pendidikan Anak Menurut Hamka. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui konsep dan metode pendidikan anak menurut Hamka. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Hamka, ada lima aspek yang menjadi komponen utama pendidikan Islam yaitu pendidik, materi pelajaran, metode pendidikan, anak didik, dan tujuan pendidikan. Metode pendidikan Islam harus memiliki nilai fleksibilitas yang didasari oleh tiga prinsip, yaitu hikmah, mauidzah hasanah, dan mujadalah, sedangkan bagi anak didik, Hamka memposisikan anak didik sebagai makhluk yang kuat, aktif, dan kreatif utnuk mengembangkan segala potensi dirinya. Secara tekstual buku Tasawuf Modern tidak secara jelas menguraikan tentang konsep dan metode pendidikan anak. Akan tetapi, dari beberapa penjelasan terdapat unsur-unsur tersirat yang mengarah kepada konsep dan metode pendidikan anak. Ungkapan yang menjelaskan konsep pendidikan anak yaitu konsep kebahagiaan, konsep kesehatan jiwa dan badan, konsep qana’ah, konsep tawakal, serta konsep hubungan ridha dengan keindahan alam. Sedangkan yang terkait dengan metode pendidikan anak yaitu metode syaja’ah, metode adil, metode iffah, dan metode hikmah.
Key-Word: Konsep, Metode, Pendidikan Anak

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2021 07:56
Last Modified: 17 Dec 2021 07:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4910

Actions (login required)

View Item
View Item