ISNAINI ADI SANTOSO (2025) ANALISIS KEGAGALAN DAN PENGARUH PENGGUNAAN KOMPONEN UNTUK MERANCANG KONTROLER MOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Mobil listrik mengandalkan motor listrik yang mendapatkan energi dari baterai, tanpa emisi gas buang, sebagai alternatif mobil berbahan bakar fosil. Pada Tugas Akhir ini berfokus untuk menganalisis pengaruh penggunaan komponen dalam perancangan kontroler motor BLDC. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D), meliputi perancangan, pengujian, dan evaluasi kontroler motor BLDC dengan menggunakan mikrokontroler yang berbeda, yaitu Arduino Nano dan Teensy 4.0 untuk membandingkan keandalan kinerjanya. Teknik pengendalian kecepatan motor menggunakan Pulse Width Modulation (PWM) dengan mengatur duty cycle melalui throttle gas untuk menyesuaikan kecepatan. Dari hasil pengujian dengan menggunakan program yang sama, kontroler menggunakan Teensy 4.0 menunjukkan performa yang stabil dalam berbagai kondisi pengujian. Pada motor BLDC 48V 350W tanpa beban, arus maksimum dengan PWM 250 adalah 0,5A dengan kecepatan motor 35,2 Km/Jam. Namun, pada kondisi beban, terjadi peningkatan arus menjadi 0,61A dengan penurunan kecepatan menjadi 34,6 Km/Jam. Sementara itu, kontroler menggunakan Arduino Nano menunjukkan arus sebesar 0,88A pada kondisi tanpa beban dengan kecepatan 31,2 Km/Jam, sedangkan pada kondisi berbeban, arus meningkat menjadi 12,24A dengan kecepatan menurun menjadi 14,4 Km/Jam. Perbedaan frekuensi gelombang PWM antara Teensy dan Arduino adalah 1:10. Selain itu, pengujian performa IC DriverIR2101 menunjukkan bahwa waktu delay perpindahan (deadtime) dari High Output (HO) ke Low Output (LO yang terukur sebesar 310 ns berada dalam rentang spesifikasi yang ditetapkan (200–500 ns).
Dosen Pembimbing: | Kunnu Purwanto, S.T., M.Eng. | NIDN0519098302 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Electric Vehicle, Pulse Width Modulation (PWM), IC Driver, Deadtime |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 03:24 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 03:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/49587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |