ALIIF SATYO FARHANTO (2025) ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PTV VISSIM 2024 (STUDI KASUS SIMPANG EMPAT GEJAYAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (438kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Yogyakarta, sebagai tujuan wisata potensial dan kota pendidikan terkemuka, dan menarik banyak penduduk. Peningkatan jumlah pengemudi kendaraan bermotor menyebabkan persimpangan bersinyal sering mengalami konflik dan kemacetan. Simpang empat bersinyal Gejayan, dengan antrian panjang dan volume lalu lintas tinggi karena akses ke pusat kota, mall, terminal, dan perguruan tinggi, perlu diatur dengan baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengevaluasi performa lalu lintas di simpang tersebut menggunakan perangkat lunak PTV VISSIM 2024 (Student Version). Data lalu lintas dikumpulkan melalui survei lapangan pada Senin, 03 Agustus 2024 dan dimodelkan untuk kondisi eksisting serta beberapa skenario alternatif perbaikan. Pada kondisi eksisting, didapatkan tundaan rata-rata sebesar 99,70 detik/skr dengan tingkat pelayanan (LOS) rata-rata yaitu F (buruk sekali). Pada skenario 1, dilakukan perubahan Waktu siklus sesuai dengan rekomendasi Direktorat Jenderal Bina Marga 2023 menghasilkan tundaan rata-rata sebesar 87,03 detik/skr. Pada skenario 2, dengan perubahan terdapat perubahan fase pada lengan barat dan timur, serta penyesuaian Waktu siklus menghasilkan tundaan rata-rata sebesar 95,88 detik/skr. Pada skenario 3, merupakan kelanjutan dari skenario 2, yaitu perubahan menjadi 3 fase. Perubahan pada sekenario 3 ini, menggunakan penyesuaian waktu siklus yang sebelumnya 175 detik menjadi 100 detik, didapatkan tundaan rata-rata sebesar 83,28 detik/skr. Pada skenario 4, dengan pelebaran jalan pada lengan Utara dan Barat sebesar 1 meter pada lebar keluar dan lebar masuknya menghasilkan tundaan rata-rata sebesar 82,68 detik/skr. Pada empat skenario yang telah dibuat, tingkat pelayanan (LOS) rata-rata tetap F (buruk sekali). Pada skenario 3 tidak direkomendasikan karena pada lengan utara Jl. Angga Jaya terdapat terminal dan banyak perumahan, walaupun pada hasil running software PTV Vissim menunjukan perubahan yang signifikan terhadap panjang antrian dan tundaan rata-rata. Berdasarkan hasil analisis tersebut, skenario 4 menjadi solusi alternatif terbaik untuk meningkatkan kinerja simpang empat bersinyal Gejayan.
Dosen Pembimbing: | Wahyu Widodo, Ir., M.T. | NIDN0028116301 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Signalized Intersection, PTV VISSIM, Level of Service, Delay, Queue Length |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 02:35 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 02:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/49778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |