ALIIF SATYO FARHANTO (2025) ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PTV VISSIM 2024 (STUDI KASUS SIMPANG EMPAT GEJAYAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Yogyakarta, sebagai tujuan wisata potensial dan kota pendidikan terkemuka, dan menarik banyak penduduk. Peningkatan jumlah pengemudi kendaraan bermotor menyebabkan persimpangan bersinyal sering mengalami konflik dan kemacetan. Simpang empat bersinyal Gejayan, dengan antrian panjang dan volume lalu lintas tinggi karena akses ke pusat kota, mall, terminal, dan perguruan tinggi, perlu diatur dengan baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengevaluasi performa lalu lintas di simpang tersebut menggunakan perangkat lunak PTV VISSIM 2024 (Student Version). Data lalu lintas dikumpulkan melalui survei lapangan pada Senin, 03 Agustus 2024 dan dimodelkan untuk kondisi eksisting serta beberapa skenario alternatif perbaikan. Pada kondisi eksisting, didapatkan tundaan rata-rata sebesar 99,70 detik/skr dengan tingkat pelayanan (LOS) rata-rata yaitu F (buruk sekali). Pada skenario 1, dilakukan perubahan Waktu siklus sesuai dengan rekomendasi Direktorat Jenderal Bina Marga 2023 menghasilkan tundaan rata-rata sebesar 87,03 detik/skr. Pada skenario 2, dengan perubahan terdapat perubahan fase pada lengan barat dan timur, serta penyesuaian Waktu siklus menghasilkan tundaan rata-rata sebesar 95,88 detik/skr. Pada skenario 3, merupakan kelanjutan dari skenario 2, yaitu perubahan menjadi 3 fase. Perubahan pada sekenario 3 ini, menggunakan penyesuaian waktu siklus yang sebelumnya 175 detik menjadi 100 detik, didapatkan tundaan rata-rata sebesar 83,28 detik/skr. Pada skenario 4, dengan pelebaran jalan pada lengan Utara dan Barat sebesar 1 meter pada lebar keluar dan lebar masuknya menghasilkan tundaan rata-rata sebesar 82,68 detik/skr. Pada empat skenario yang telah dibuat, tingkat pelayanan (LOS) rata-rata tetap F (buruk sekali). Pada skenario 3 tidak direkomendasikan karena pada lengan utara Jl. Angga Jaya terdapat terminal dan banyak perumahan, walaupun pada hasil running software PTV Vissim menunjukan perubahan yang signifikan terhadap panjang antrian dan tundaan rata-rata. Berdasarkan hasil analisis tersebut, skenario 4 menjadi solusi alternatif terbaik untuk meningkatkan kinerja simpang empat bersinyal Gejayan.

Dosen Pembimbing: Wahyu Widodo, Ir., M.T. | NIDN0028116301
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Signalized Intersection, PTV VISSIM, Level of Service, Delay, Queue Length
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 13 Feb 2025 02:35
Last Modified: 13 Feb 2025 02:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/49778

Actions (login required)

View Item View Item