NURVICO SOENARTO (2025) THE RELATIONSHIP BETWEEN STUDENTS' PERSONALITY TYPES AND THEIR DIGITAL LITERACY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara tipe kepribadian mahasiswa yang dikategorikan berdasarkan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dengan tingkat literasi digital mereka. Literasi digital semakin diakui sebagai keterampilan penting di abad ke-21, yang esensial untuk keberhasilan akademik dan kesiapan kerja di masa depan. Tipe kepribadian diyakini memengaruhi keterlibatan mahasiswa dengan alat digital, namun penelitian yang mengkaji hubungan antara tipe kepribadian dan aspek spesifik literasi digital, terutama di Indonesia, masih terbatas.Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan melibatkan 103 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas Islam swasta di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah divalidasi untuk mengukur tipe kepribadian MBTI dan tingkat literasi digital. Validitas dan reliabilitas instrumen diuji menggunakan Aiken's V dan Cronbach's Alpha. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis tipe kepribadian dan tingkat literasi digital, sementara koefisien Eta digunakan untuk menentukan kekuatan korelasi antara kedua variabel tersebut.Hasil penelitian menunjukkan distribusi tipe kepribadian yang beragam, dengan ESFP (The Performer: Extroverted, Sensing, Feeling, Perceiving) menjadi tipe yang paling dominan di kalangan mahasiswa. Analisis literasi digital menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa memiliki tingkat literasi digital yang tinggi, terutama dalam hal penggunaan internet, sensitivitas terhadap privasi online, dan pemanfaatan media sosial. Namun, terdapat ruang untuk peningkatan dalam kolaborasi digital dan penggunaan teknologi untuk pembelajaran. Analisis koefisien Eta menunjukkan korelasi positif moderat (? = 0,353) ketika literasi digital dianggap sebagai variabel dependen, yang menunjukkan bahwa tipe kepribadian memiliki hubungan dengan keterampilan literasi digital mahasiswa.Berdasarkan temuan ini, penelitian menyimpulkan bahwa memahami tipe kepribadian mahasiswa dapat memberikan wawasan berharga untuk merancang strategi pendidikan yang dipersonalisasi guna meningkatkan literasi digital. Rekomendasi diberikan untuk mahasiswa, pendidik, dan peneliti di masa depan untuk lebih mengeksplorasi dan meningkatkan implikasi antara tipe kepribadian dan literasi digital dalam konteks akademik.
Dosen Pembimbing: | Suryanto, S.Pd., M.H.Sc., Ph.D. and Mariska Intan Sari, S.S., M.A. | NIDN0529067302, NIDN0520038002 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Personality Types, Digital Literacy, MBTI, Digital Competence, Educational Strategy |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 07:56 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 07:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/49867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |