NURVICO SOENARTO (2025) THE RELATIONSHIP BETWEEN STUDENTS' PERSONALITY TYPES AND THEIR DIGITAL LITERACY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara tipe kepribadian mahasiswa yang dikategorikan berdasarkan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dengan tingkat literasi digital mereka. Literasi digital semakin diakui sebagai keterampilan penting di abad ke-21, yang esensial untuk keberhasilan akademik dan kesiapan kerja di masa depan. Tipe kepribadian diyakini memengaruhi keterlibatan mahasiswa dengan alat digital, namun penelitian yang mengkaji hubungan antara tipe kepribadian dan aspek spesifik literasi digital, terutama di Indonesia, masih terbatas.Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional dengan melibatkan 103 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas Islam swasta di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah divalidasi untuk mengukur tipe kepribadian MBTI dan tingkat literasi digital. Validitas dan reliabilitas instrumen diuji menggunakan Aiken's V dan Cronbach's Alpha. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis tipe kepribadian dan tingkat literasi digital, sementara koefisien Eta digunakan untuk menentukan kekuatan korelasi antara kedua variabel tersebut.Hasil penelitian menunjukkan distribusi tipe kepribadian yang beragam, dengan ESFP (The Performer: Extroverted, Sensing, Feeling, Perceiving) menjadi tipe yang paling dominan di kalangan mahasiswa. Analisis literasi digital menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa memiliki tingkat literasi digital yang tinggi, terutama dalam hal penggunaan internet, sensitivitas terhadap privasi online, dan pemanfaatan media sosial. Namun, terdapat ruang untuk peningkatan dalam kolaborasi digital dan penggunaan teknologi untuk pembelajaran. Analisis koefisien Eta menunjukkan korelasi positif moderat (? = 0,353) ketika literasi digital dianggap sebagai variabel dependen, yang menunjukkan bahwa tipe kepribadian memiliki hubungan dengan keterampilan literasi digital mahasiswa.Berdasarkan temuan ini, penelitian menyimpulkan bahwa memahami tipe kepribadian mahasiswa dapat memberikan wawasan berharga untuk merancang strategi pendidikan yang dipersonalisasi guna meningkatkan literasi digital. Rekomendasi diberikan untuk mahasiswa, pendidik, dan peneliti di masa depan untuk lebih mengeksplorasi dan meningkatkan implikasi antara tipe kepribadian dan literasi digital dalam konteks akademik.

Dosen Pembimbing: Suryanto, S.Pd., M.H.Sc., Ph.D. and Mariska Intan Sari, S.S., M.A. | NIDN0529067302, NIDN0520038002
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personality Types, Digital Literacy, MBTI, Digital Competence, Educational Strategy
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:56
Last Modified: 12 Feb 2025 07:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/49867

Actions (login required)

View Item View Item