JIBILAH FATHIN FADHILAH (2025) ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN ASESMEN SUMATIF AKHIR TAHUN (ASAT) BAHASA ARAB KELAS X SMAI AL-AZHAR 9 YOGYAKARTA DENGAN CLASSICAL TEST THEORY (CTT) (TINGKAT KESUKARAN, DAYA BEDA, DAN EFEKTIVITAS DISTRAKTOR). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Analisis kualitas instrumen penilaian adalah proses evaluasi untuk memastikan bahwa instrumen yang digunakan dalam penilaian efektif, valid, dan reliabel. Melalui analisis kualitas ini, instrumen penilaian dapat diperbaiki dan disempurnakan agar lebih efektif dalam mengukur tujuan yang ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAI Al-Azhar 9 Yogyakarta yang berjumlah 94 siswa. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan yaitu, teknik total sampling atau seluruh anggota populasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas instrumen Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) Bahasa Arab Kelas X SMAI Al-Azhar 9 Yogyakarta dengan Classical Test Theory (CTT) (Tingkat Kesukaran, Daya Beda, dan Efektivitas Distraktor). Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa dokumentasi berupa kisi-kisi, soal, kunci jawaban, dan lembar jawaban siswa. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis Classical Test Theory (CTT) dengan bantuan program Item and Test Analysis ITEMAN 4.3. Hasil penelitian analisis kualitas instrumen Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) Bahasa Arab Kelas X SMAI Al-Azhar 9 Yogyakarta diperoleh data sebanyak 94 dengan 40 butir soal. Berdasarkan uji validitas para ahli terdapat 14 butir soal (35%) dengan kriteria valid, kemudian hasil uji reliabilitas para ahli diperoleh nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,34 yang menunjukkan tingkat konsistensi yang rendah pada instrumen yang digunakan. Berdasarkan tingkat kesukaran butir soal, terdapat 1 butir soal (2,5%) dengan kriteria mudah, 37 butir soal (92,5%) dengan kriteria sedang, dan 2 butir soal (5%) dengan kriteria sukar. Berdasarkan daya beda butir soal, terdapat 1 butir soal (2,5%) dengan kriteria baik sekali, 31 butir soal (77,5%) dengan kriteria baik, 5 butir soal (12,5%) dengan kriteria cukup, 3 butir soal (7,5%) dengan kriteria jelek, dan tidak ada satu pun butir soal dengan kriteria sangat jelek. Berdasarkan efektivitas distraktor butir soal, terdapat 16 distraktor (10%) dinyatakan efektif dan 144 distraktor (90%) dinyatakan tidak efektif. Dan hasil analisis reliabilitas soal menghasilkan nilai alpha 0,919. Sehingga soal tersebut termasuk dalam kriteria reliabilitas baik karena memiliki nilai alpha > 0,80.
Dosen Pembimbing: | Dr. Ana Taqwa Wati, M.Pd.I. | NIDN19801024201210193010 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Summative Assessment, Item Analysis, Level of Difficulty, Distinguishing Power, Distractor Effectiveness |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 06:41 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 06:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/49940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |