Salamiah Sari Dewi (2021) EFIKASI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DI SUMATERA UTARA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (843kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (486kB)
Bab I.pdf
Download (432kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (713kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (553kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
Abstract
<p>Pendidikan karakter berperan sangat penting dalam menciptakan generasi muda yang bermartabat. Upaya pengembangan pendidikan karakter didukung oleh efikasi guru dalam mendidik siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh usia, pengalaman, religiusitas dan efikasi guru terhadap pengembangkan pendidikan karakter siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SDIT di Sumatera Utara. Sampel penelitian berjumlah 738 guru, sesuai persyaratan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Untuk membuktikan hipotesis, penelitian ini menggunakan data yang dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan statistika, baik deskriptif maupun inferensial, dengan bantuan program komputer software AMOS versi 23.0.</p>
<p>Penelitian ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan usia dan pengalaman mengajar terhadap pengembangan pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu di Provinsi Sumatera Utara, akan tetapi terdapat pengaruh signifikan religiusitas terhadap pengembangan pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini juga membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan usia dan pengalaman mengajar terhadap efikasi guru Sekolah Dasar Islam Terpadu di Provinsi Sumatera Utara, namun terdapat pengaruh signifikan religiusitas terhadap efikasi guru Sekolah Dasar Islam Terpadu di Provinsi Sumatera Utara. Kemudian, penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan efikasi guru terhadap pengembangan pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu di Provinsi Sumatera Utara.</p>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Program Doktor > Psikologi Pendidikan Islam S3 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 03:58 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 03:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4997 |