FEMIA DWITA ANGGRAENI (2025) PENGUATAN RESILIENSI DIRI GURU SEKOLAH LUAR BIASA DALAM MEMBENTUK KARAKTER POSITIF SISWA (STUDI FENOMENOLOGI DI SLB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (591kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai proses penguatan resiliensi diri guru sekolah luar biasa dalam membentuk karakter positif siswa di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui bentuk-bentuk penguatan resiliensi diri guru di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari proses penguatan resiliensi diri guru sekolah luar biasa dalam membentuk karakter positif siswa di sekolah tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi fenomenologi. Subjek penelitiannya ditentukan sendiri oleh peneliti dan rekomendasi dari pihak SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian data-data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik analisis data studi fenomenologi. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin lama bekerja dan mengajar siswa berkebutuhan khusus, para guru tersebut semakin nyaman dan mencintai pekerjaannya. Inilah yang dimaksud proses penguatan resiliensi diri. Untuk membentuk resiliensi diri tersebut, para guru memerlukan banyak cara. Salah satunya dengan pendekatan diri kepada Tuhan YME. Hal ini diakui dapat meringankan beban kerja mereka. Faktor pendukung dari proses penguatan resiliensi diri guru SLB adalah diri guru sendiri, siswa, dan dukungan sosial. Sedangkan faktor penghambatnya adalah diri siswa dan orang tua siswa.
Dosen Pembimbing: | Azam Syukur Rahmatullah, Prof. Dr., S.H.I., M.S.I., M.A.,M.Psi., | NIDN2112038102 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S2) |
Uncontrolled Keywords: | Self-resilience, Special Education Schools, Positive Characters |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Agama Islam |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:27 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/50234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |