FEMIA DWITA ANGGRAENI (2025) PENGUATAN RESILIENSI DIRI GURU SEKOLAH LUAR BIASA DALAM MEMBENTUK KARAKTER POSITIF SISWA (STUDI FENOMENOLOGI DI SLB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (591kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai proses penguatan resiliensi diri guru sekolah luar biasa dalam membentuk karakter positif siswa di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui bentuk-bentuk penguatan resiliensi diri guru di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari proses penguatan resiliensi diri guru sekolah luar biasa dalam membentuk karakter positif siswa di sekolah tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi fenomenologi. Subjek penelitiannya ditentukan sendiri oleh peneliti dan rekomendasi dari pihak SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian data-data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik analisis data studi fenomenologi. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin lama bekerja dan mengajar siswa berkebutuhan khusus, para guru tersebut semakin nyaman dan mencintai pekerjaannya. Inilah yang dimaksud proses penguatan resiliensi diri. Untuk membentuk resiliensi diri tersebut, para guru memerlukan banyak cara. Salah satunya dengan pendekatan diri kepada Tuhan YME. Hal ini diakui dapat meringankan beban kerja mereka. Faktor pendukung dari proses penguatan resiliensi diri guru SLB adalah diri guru sendiri, siswa, dan dukungan sosial. Sedangkan faktor penghambatnya adalah diri siswa dan orang tua siswa.

Dosen Pembimbing: Azam Syukur Rahmatullah, Prof. Dr., S.H.I., M.S.I., M.A.,M.Psi., | NIDN2112038102
Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Self-resilience, Special Education Schools, Positive Characters
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Bima
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:27
Last Modified: 27 Feb 2025 04:27
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/50234

Actions (login required)

View Item View Item