MUFID 'AMMAR MUMTAZA (2025) PERENCANAAN JEMBATAN MODEL RANGKA BAJATIPE WARREN TRUSS MENGGUNAKAN SOFTWARE SAP2000. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (810kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Permasalahan dalam pembangunan jembatan meliputi efisiensi struktur, kecepatan perakitan, dan optimalisasi anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menganalisis Jembatan Sandya Niskala, yang menjadi Juara 2 Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023. Fokus utama dari desain ini adalah menciptakan jembatan yang ringan, kuat, dan efisien dalam perakitan. Model jembatan yang digunakan struktur Through Type Truss dengan konfigurasi Warren Truss, memanfaatkan profil hollow (hot-rolled) berukuran 40 × 40 × 1,2 mm, 40 × 40 × 2 mm, dan 20 × 20 × 1,2 mm. Sambungan antar elemen menggunakan pelat buhul setebal 1,5 mm dan 2 mm, serta baut M6 dan M8. Untuk meningkatkan efisiensi pemasangan, perakitan dilakukan dengan metode konstruksi perancah satu sisi. Pengujian jembatan model dilakukan dengan pembebanan statis vertikal secara bertahap setiap 20 kg hingga beban maksimum seberat 400 kg yang di letakkan di tengah bentang. Analisis struktural dilakukan untuk mengukur kapasitas penampang dan lendutan jembatan terhadap beban luar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jembatan dengan dimensi 6100 × 800 × 700 mm ini mampu menahan beban terpusat sebesar 400 kg. Berat total jembatan adalah 87,2 kg, dengan lendutan maksimal 5,233 mm, yang memenuhi batas syarat lendutan ijin 7,5 mm. Proses perakitan berhasil diselesaikan dalam waktu 2 jam 46 detik dengan total anggaran Rp 6.511.018,00. Selain itu, penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan metode 5R memastikan bahwa proses kerja dilakukan dengan aman dan efisien.
Dosen Pembimbing: | Seplika Yadi, Dr. Ir., S.T., M.T. | NIDN0526097701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | truss bridge, hot-rolled steel, hollow profile, deflection, single-sided scaffolding, KJI XVIII |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 05:56 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 05:56 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/50290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |