MUFID 'AMMAR MUMTAZA (2025) PERENCANAAN JEMBATAN MODEL RANGKA BAJATIPE WARREN TRUSS MENGGUNAKAN SOFTWARE SAP2000. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembangunan jembatan meliputi efisiensi struktur, kecepatan perakitan, dan optimalisasi anggaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menganalisis Jembatan Sandya Niskala, yang menjadi Juara 2 Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) 2023. Fokus utama dari desain ini adalah menciptakan jembatan yang ringan, kuat, dan efisien dalam perakitan. Model jembatan yang digunakan struktur Through Type Truss dengan konfigurasi Warren Truss, memanfaatkan profil hollow (hot-rolled) berukuran 40 × 40 × 1,2 mm, 40 × 40 × 2 mm, dan 20 × 20 × 1,2 mm. Sambungan antar elemen menggunakan pelat buhul setebal 1,5 mm dan 2 mm, serta baut M6 dan M8. Untuk meningkatkan efisiensi pemasangan, perakitan dilakukan dengan metode konstruksi perancah satu sisi. Pengujian jembatan model dilakukan dengan pembebanan statis vertikal secara bertahap setiap 20 kg hingga beban maksimum seberat 400 kg yang di letakkan di tengah bentang. Analisis struktural dilakukan untuk mengukur kapasitas penampang dan lendutan jembatan terhadap beban luar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jembatan dengan dimensi 6100 × 800 × 700 mm ini mampu menahan beban terpusat sebesar 400 kg. Berat total jembatan adalah 87,2 kg, dengan lendutan maksimal 5,233 mm, yang memenuhi batas syarat lendutan ijin 7,5 mm. Proses perakitan berhasil diselesaikan dalam waktu 2 jam 46 detik dengan total anggaran Rp 6.511.018,00. Selain itu, penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan metode 5R memastikan bahwa proses kerja dilakukan dengan aman dan efisien.

Dosen Pembimbing: Seplika Yadi, Dr. Ir., S.T., M.T. | NIDN0526097701
Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: truss bridge, hot-rolled steel, hollow profile, deflection, single-sided scaffolding, KJI XVIII
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 18 Mar 2025 05:56
Last Modified: 18 Mar 2025 05:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/50290

Actions (login required)

View Item View Item